Home Bandara Jelang Pemilu, Penumpang dari Luar Negeri Meningkat di Bandara Soetta

Jelang Pemilu, Penumpang dari Luar Negeri Meningkat di Bandara Soetta

0

Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar Rabu (17/4) esok, ratusan ribu warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri kembali ke tanah air. Kembalinya mereka bertujuan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu ini.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Tessa Harumdila mengatakan, terdapat peningkatan pada penumpang Internasional yang didominasi oleh WNI yang baru datang dari berbagai negara.

“WNI yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta meningkat hingga enam persen dibandingkan hari biasanya dengan periode yang sama di tahun lalu. Total ada 329 lebih dari tanggal 1-16 April. Penumpang melonjak hari ini tiba dari Jepang, Malaysia, Tiongkok, dan Singapura,” ujar Tessa di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Selasa (16/4/2019).

Kedatangan para WNI dari berbagai negara yang tiba di Bandara Soetta ini ternyata telah dijadwalkan sebelum bepergian ke luar negeri.

Resmin, salah satu penumpang yang bepergian ke tiga negara dengan tujuan berwisata ini menuturkan, dirinya memang sengaja telah mengagendakan pulang sebelum hari penyoblosan.

“Pasti nyoblos makanya pulang sekarang. Saya dari Mesir, Israel dan Yordania. Sudah saya siapkan nyoblos, makanya saya jadwalkan pulang hari ini,” kata Resmin.

Hal senada juga diungkapkan Andi. WNI yang baru berkuliah di Singapura itu menyempatkan pulang ke Tanah Air untuk menggunakan hak suaranya.

“Saya baru pertama kali menyoblos, maka dari itu saya tidak mau menyiakan kesempatan ini. Saya akan nyoblos di kampung di Makassar,” kata Andi.

Meningkatnya jumlah penumpang yang tiba dari luar negeri dikarenakan adanya Pemilu dan libur panjang. (Rmt)