Home Berita BPD Gunung Sari dan Sasak Usulkan Nama Pjs Kades

BPD Gunung Sari dan Sasak Usulkan Nama Pjs Kades

0

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gunung Sari dan Sasak, Kecamatan Mauk, mengusulkan nama Pejabat sementara (Pjs) kepala desa di kedua desa tersebut kepada Camat Mauk, Senin (24/6/2019).

Diketahui, seiring masa jabatan empat kepala desa di Kecamatan Mauk, diantaranya di Desa Gunung Sari dan Sasak, akan berakhir pada 22 Juli 2019 mendatang, maka kekosongan jabatan tersebut diminta BPD diisi Pjs berstatus pegawai negeri sipil (PNS) putera asli desa.

Busro, Ketua BPD Desa Gunung Sari mengaku, pihaknya sudah memberikan surat pemberitahuan kepada Camat Mauk, atas berakhir masa jabatan Kepala Desa Gunung Sari, dan usulan Pjs Kepala Desa dari putra asli daerah di desa tersebut.

“Sebagaimana peraturan yang ada, Pjs kepala desa dapat diisi oleh PNS. Untuk itu, kami mengusulkan saudara Tajudin untuk menjadi Pjs Desa Gunung Sari,” ujarnya, kepada tangerangonline.id, di Kantor Kecamatan Mauk.

Dia juga mengatakan, usulan ini berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Tangerang Nomor 9 tahun 2014 tentang desa, maka pihaknya mengusulkan Tajudin kepada Camat Mauk untuk menjadi Pjs Desa Gunung Sari dengan memperhatikan kriteria dan hasil musyawarah diantaranya, merupakan putra asli daerah, berdomisili di Desa Gunung Sari, pernah menjadi unsur pelaksana Pemerintah Desa Gunung Sari pada 2007 sampai 2013, dan Tajudin adalah seorang PNS.

Atas dasar itu, dikatakan Busro, pihak Pemerntah Kecamatan Mauk bisa mengabulkan usulan dari BPD. “Jadi kami tetap menyerahkan sepenuhnya pada Camat untuk menempatkan Pjs dari PNS. Karena yang kami tahu aturannya seperti itu,” tandas Busro.

Senada dengan Busro, Abdul Fahrullah, Ketua BPD Desa Sasak menginginkan Pjs kades dapat diisi warga setempat dan diusulkan melalui musyawarah desa. Sebab menurutnya, dalam aturan hal itu bisa dilakukan, yang penting berjiwa sosial dan mengerti ataupun berpengalaman dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“Saya sendiri dan sebagian banyak masyarakat mengharapkan diisi dari PNS, tapi dari warga setempat, dan kami anggap Bagio Wijaya bisa menjadi Pjs Kades. Bagio Wijaya dinilai berkompeten dan sudah terlihat hasilnya, berjiwa sosial dan sudah berpengalaman di bidang Pemerintahan,” kata pria yang akrab disapa Fakar.

Diakuinya, Bagio Wijaya sudah malang melintang di bidang pemerintahan, Bagio pernah menjabat bidang aset daerah, satpol pp, kepala sekretariat panitia pengawas (Panwas) Kecamatan Mauk, dan Ketua Paguyuban Tangerang Utara. Dengan melihat kriteria Itu, sambungnya, BPD dan tokoh masyarakat menilai Bagio Wijaya layak sebagai Pjs Desa Sasak.

“Maka dengan melihat kriteria itu besar harapan kami Camat Mauk untuk menerima usulan nama Pjs dari BPD untuk memimpin desa kami untuk lima bulan kedepan,” ujarnya.(Sam)