Home Bandara Antisipasi Virus Mers, KKP Tempatkan 2 Thermal Scanner di Terminal 2D Bandara...

Antisipasi Virus Mers, KKP Tempatkan 2 Thermal Scanner di Terminal 2D Bandara Soetta

0
Foto: Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek menunjukkan Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH) di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (19/8/2019). *tangerangonline.id

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta menempatkan 2 buah Thermal Scanner di Terminal 2D. Thermal Scanner ini disiapkan untuk memindai suhu tubuh jemaah Haji yang baru saja tiba di tanah air.

Hal ini dilakukan untuk mewaspadai adanya jemaah Haji yang suhu tubuhnya diatas normal. Sehingga, langsung dapat diopservasi dan dilakukan tindakan medis.

“Langsung discanner, (bila) ada demam kita akan isolasi, kita observasi dan tidak kita pulangkan dulu, kita lihat dulu, dinilai dulu baru bisa dipulangkan,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Moeloek saat menyambut jamaah Haji Embarkasi Jakarta di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Senin (19/8/2019).

Bilamana ada ditemukan jemaah haji yang terinfeksi virus maka langsung dirujuk ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta.

“Ada rujukan juga, kalau infeksi di Sulianti Saroso yang khusus penyakit infeksi. Kalau memang ditemukan dgn alat scanner itu,” ujar Menkes.

Hal ini lanjut Nila, harus diwaspadai karena penyakit dapat dengan leluasa bisa keluar masuk ke Indonesia dari Timur Tengah, terlebih virus Mers.

“Kami untuk mencegahnya dengan memberikan kartu kewaspadaan kesehatan jamaah haji atau K3JH itu yang selama tiga minggu kami tetap mengawasi jemaah,” tuturnya.

“Kalau ada yg demam, nyeri atau muntah-muntah, kita minta segera ke puskemas atau RS dengan cara menunjukkan kartu tersebut dgn maksud tentu kita akan observasi, kalau ada sesuatu kita langsng jaga agar tidak menyebar,” jelas Menkes.

Namun demikian, sejauh ini Kemenkes melalui KKP Kelas I Bandara Soetta belum menemukan jemaah yang sakit maupun yang terinfeksi.

Engga ada (sakit atau terinfeksi), karena sejauh ini kita juga beri vaksin meningitis dan itu juga yang kita khawatirkan, dan itu mutlak hal tersebut harus divaksin,” kata Menkes.

Data menkes yang meninggal?
Sekitar 230 yang meninggal, yang dirawat ini yang kita khawatirkan, di ra saudi Arabia ada 240 an sedangkan di kantor haji Indonesia 126 di mekah. Di madinnah nol. Faktor nya sakit jantung.

Menkes Sambut Jemaah Haji di Bandara Soetta


Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek menyambut 393 jemaah Haji yang baru tiba di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (19/8/2019).

Jemaah Haji embarkasi Pondok Gede tersebut tiba di tanah air dari Jeddah menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-7431.