Home Bandara Terminal 4 Bandara Soetta Masuki Tahap Penjurian Design

Terminal 4 Bandara Soetta Masuki Tahap Penjurian Design

0

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan proyek Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tengah memasuki tahap penjurian desain pada 20-21 Agustus 2019.

Penjurian desain tersebut mencakup penilaian terhadap conceptual design, schematic design, design development dan detail engineering design.

Terdapat dua konsorsium yang lolos seleksi dan kini mengikuti proses penjurian desain.

Ph. SVP of Head of Corporate Secretary and Legal AP II Achmad Rifai mengatakan, kawasan Terminal 4 akan dibangun di atas tanah seluas 130 hektare.

“Seluruh kebutuhan tanah sudah dimiliki oleh Angkasa Pura II sehingga kami targetkan proses konstruksi nantinya bisa dilakukan dengan lancar. Tanah tersebut adalah yang saat ini digunakan untuk lapangan golf, perkantoran, dan terminal kargo,” kata Achmad, Kamis (22/8/2019).

“Seiring dengan pembangunan Terminal 4 maka kawasan kargo akan dipindah dan dikembangkan menjadi cargo village yang juga dapat mengakselerasi pertumbuhan perekonomian Indonesia,” jelas Achmad.

Terminal 4 dibangun dengan kapasitas sekitar 40 juta penumpang pesawat per tahun dan akan menjadi terminal terbesar di Indonesia. Saat ini terminal terbesar di Indonesia adalah Terminal 3 Bandara Soetta dengan kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Konsep desain interior Terminal 4 sendiri adalah futuristik dan mengadopsi kebudayaan lokal.

Di sisi teknologi informasi Terminal 4 juga memiliki konsep smart mobility, smart enviroment, dan smart security.

Dalam mendukung Smart Mobility Terminal 4 memiliki self-check in counter, self-baggage drop, dan sejumlah fasilitas lainnya.

Terkait Smart Security, Terminal 4 dilengkapi full body scanner x-ray serta smart CCTV.

Sementara dengan Smart Environment, Terminal 4 menjadi ecogreen airport dilengkapi sejumlah fasilitas antara lain smart grid dan intelligent building management system.

“Kami juga membuat konsep khusus terkait dengan komersial di mana memperhatikan tenant flow management dan berorientasi kepada kepuasan pelanggan,” ujar Achmad.

“Keseluruhan konsep yang ada di Terminal 4 sangat memperhatikan seluruh proses seperti keberangkatan, check-in, kedatangan, transit, komersial, hingga transportasi publik dari dan ke terminal. Dilengkapi juga teknologi informasi terkini, Terminal 4 akan membawa harum nama Indonesia di tingkat global,” jelas Achmad Rifai.

Setelah Terminal 4 berkapasitas 45 juta penumpang dibangun, lalu revitalisasi Terminal 1 dan 2 usai dengan kapasitas total 40 juta penumpang, ditambah dengan Terminal 3 berkapasitas 25 juta penumpang, maka Soekarno-Hatta secara keseluruhan memiliki kapasitas sekitar 110 juta penumpang per tahun. (Rmt)