Home Berita Gerakan Pramuka SDN 3 Pasarkemis Persami Penggalang

Gerakan Pramuka SDN 3 Pasarkemis Persami Penggalang

0

Gerakan Pramuka Gugus Depan 18073-18074, SD Negeri 3  Pasarkemis, Kecamatan Pasarkemis, menggelar Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) tingkat penggalang dengan jumlah peserta 360 siswa. Acara yang dilaksanakan dihalaman Sekolah SDN 3 Pasar Kemis.

Kepala SDN 3 Pasar Kemis, Aan Tartika mengatakan, kegiatan Persami ini mengangkat tema “Membentuk Peserta Didik Yang Berkarakter Dan Berjiwa Kreatif”

“Jumlah peserta yang ikut sebanyak 360 siswa-siswi dari kelas V dan VI, dan semuanya menginap di tenda yang telah disiapkan dengan metode satuan terpisah satu tenda putra dan satu tenda putri yang didampingi oleh beberapa pembina yaitu guru di sekolah dan juga pelatih,” ujar Ketua Mabigus SDN 3 Pasar Kemis, Aan Tartika, Sabtu (24/8/2019).

“Agenda kegiatan yang dimulai sabtu pagi sampai minggu siang diisi dengan beberapa kegiatan pokok di antaranya upacara pembuka latihan, memasang tenda kemudian dilanjutkan api unggun pada malam hari dan juga pentas seni,” ucap Kamabigus, Aan Tartika.

Kamabigus menambahkan untuk kegiatan minggu pagi dilanjutkan dengan senam pramuka sehabis shalat subuh berjamaah, kemudian melakukan kerja bakti membersihkan pekarangan sekolah.

Diaukuinya, kegiatan persami ini dapat menjadi tempat pembinaan karakter, mental, dan disiplin. Dan kegiatan pramuka merupakan salah satu pendukung program Sistem Pendidikan Terpadu.

“Di persami ini siswa-siswi dilatih membentuk karakter dan berjiwa kreatif,” tukasnya.

Ia juga berharap dengan digelarnya kegiatan ini para siswa setidaknya mengetahui bahwa status mereka dalam dunia pramuka telah berubah, guna peningkatan kwalitas karakter.

“Semoga dengan kegiatan ini kita berharap nantinya dapat menanamkan jiwa yang disiplin dan bertanggungjawab baik dikeluarga maupun dilingkungan sekolah,” tutupnya.(Sam)