Home Berita Polisi Di Cianjur Gugur, Bagian dari Tugas dan Ibadah

Polisi Di Cianjur Gugur, Bagian dari Tugas dan Ibadah

0

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang merupakan bagian bidang dari tubuh Polri ini adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi bermitra dengan masyarakat.

Wakil kepala kepolisian daerah (Wakapolda) Jawa Barat Brigjen Pol Akhmad Wigayus mengatakan, Bhabinkamtibmas harus bekerja ikhlas dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya kepada masyarakat.

“Jadi anggota Bhabinkamtibmas harus bekerja ikhlas untuk negara dan bangsa, terutama untuk masyarakat luas,” Katanya saat dalam kegiatan tatap muka dan arahan As SDM Kapolri, kepada para Bhabinkamtibmas se wilayah Priangan Timur, beberapa hari yang lalu.

Menurutnya, para Bhabinkamtibmas harus bisa mengambil hikmah dari kejadian yang menimpa almarhum Ipda Erwin Yudha di Polres Cianjur, yang gugur saat menjalankan tugas.

“Apa yang sudah dialami almarhum Ipda Erwin tidak boleh menjadikan para Bhabinkamtibmas takut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, hal itu hendaknya dapat dijadikan cambuk dan motivasi dalam melaksanakan tugas,” kata Akhmad, Sabtu (21/9/2019) kemarin.

Akhmad mengatakan, almarhum Ipda Erwin Yudha merupakan pahlawan kepolisian, dan patut menjadi contoh bagi polisi yang lain dalam setiap tugas yang dilakukannya.

“Dia menjadi suri tauladan dimana seorang anggota Polri yang berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugasnya dan merupakan Bhabinkamtibmas terbaik semasa tugasnya,” jelasnya.

Sementara itu, As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri, meminta Bhabinkamtibmas memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga seluruh informasi yang ada di masyarakat dapat diserap. Sehingga ancaman yang ada dapat dicegah dan tidak hanya sebagai pemadam kebakaran.

“Bhabinkamtibmas juga harus memiliki keterampilan deteksi dini, komunikasi sosial, negosiasi, mediasi, kepemimpinan, sehingga mampu memecahkan permasalahan sosial yang ada,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Ipda Erwin Yudha Mildani merupakan Bhabinkamtibmas di Polres Cianjur, almarhum mengembuskan nafas terakhir pada Senin (26/8/2019) dini hari sekitar pukul 01.38 WIB setelah sebelumnya mendapat perawatan di RS Pusat Pertamina Jakarta Selatan.

Ipda Erwin adalah anggota yang terbakar saat mengamankan jalannya mahasiswa Cianjur melakukan demo. Selain Ipda Erwin ada tiga polisi lain yang juga ikut terbakar. Dari insiden ini, polisi telah mengamankan sejumlah mahasiswa. Lima orang ditetapkan menjadi tersangka.

Terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata turut andil ambil bicara tentang Ipda Erwin, ia ikut menyampaikan bahwa pengorbanan yang dilakukan oleh Ipda Erwin merupakan bagian dari pada kehadiran Polri untuk masyarakat dan negara.

“Bhabinkamtibmas itu hadir untuk masyarakat. Untuk saat ini, diwilayah hukum Polda Banten khususnya di wilayah Kabupaten Serang sedang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih, disitulah peran anggota Bhabinkamtibmas dari jajaran Polsek, Polres maupun Polda hadir untuk masyarakat,” ungkap Edy saat diwawancarai di acara Kadiv Humas Polri Cup 2019 yang bertempat di Planet Futsal Epicentrum, Minggu (22/9/2019).

“Masyarakat yang membutuhkan air melalui anggota Bhabinkamtibmas yang memang ditempatkan untuk masyatakat baik di Desa, Kampung, Kecamatan ataupun Kelurahan di Kabupaten Serang, lalu para anggota Bhabinkamtibmas tersebut menyampaikan keatasan (Jajaran tinggi Polri), maka mereka turun dan memberikan bantuan air tersebut,” sambungnya.

“Bhabinkamtibmas ada untuk masyarakat!,” pungkasnya. (rls)