Home Index Walikota Gelar Rapat Terkait Wacana Rapid Test Corona dengan RS Kota Tangerang

Walikota Gelar Rapat Terkait Wacana Rapid Test Corona dengan RS Kota Tangerang

0

KOTA TANGERANG – Adanya rencana Pemerintah Pusat melakukan Rapid test Corona di Indonesia membuat rumah sakit di negara ini harus menyiapkan diri, tak terkecuali Kota Tangerang. Menyikapi hal ini, Kota Tangerang langsung menggelar rapat dengan sejumlah Rumah Sakit.

Rapid Test Corona merupakan metode tes yang dilakukan secara massal untuk melakukan tes virus corona di dalam tubuh seseorang. Metode rapid test sendiri adalah cara yang ditiru pemerintah Indonesia dari Korea Selatan.

Cara ini diklaim cepat dilakukan dan bisa diperiksa ke hampir semua laboratorium kesehatan di rumah sakit yang berada di Indonesia.

Tes ini juga disebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelahnya, setiap orang diizinkan pulang dan dia akan mendapat telepon jika hasilnya positif, atau SMS jika hasilnya negatif.

Menyikapi rencana ini Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah langsung menggelar rapat dengan pihak terkait.

“Kami melakukan rapat evaluasi dengan seluruh RS di Kota Tangerang,” ungkap Arief, Senin (23/3/2020).

Kata Arief Menyikapi rencana ini setiap rumah sakit harus melakukan persiapkan diri. Terlebih lagi, kata dia, Kota Tangerang juga akan mendapat bagian dalam pengecekan ini.

“Kita belum tau Kota Tangerang akan diberikan berapa, tapi ktia sudah ambil langkah antisipasi pagi ini,” jelas Arief.

Selain itu, Arief juga memastikan sudah melakukan monitoring terhadap sinkronisasi data.

“Makanya saya minta perkumpulan dokter paru yang ada di Kota Tangerang bikin grup supaya rumah sakit ada ODP (Orang dalam Pemantaua) dan PDP (Pasien dalam Pengawasan) itu benar benar bisa didefinisikan. apakah dia PDP atau ODP,” imbuhnya.

Karena menurut dia terdapat beberapa info pasien dikatakan PDP namun pada kenyataannya orang tersebut tidak masuk dalam kategori PDP.

“Itu yang supaya tidak berbantahan nanti Dinkes terus memonitor kondisi pasien dengan ODP, PDP atau positif di Kota Tangerang,” pungkasnya. (Bal)