Home Bandara Ini Syarat dan Alur Pemeriksaan Penumpang Domestik di Bandara Soetta

Ini Syarat dan Alur Pemeriksaan Penumpang Domestik di Bandara Soetta

0
Posko pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan sesuai protokol kesehatan di Gate 3 Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

BANDARA SOETTA – Sejak dibuka kembali penerbangan rute Domestik mulai 7 Mei 2020 lalu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memperketat pemeriksaan penumpang yang akan berangkat. Karena penerbangan domestik bukan untuk mereka yang akan mudik ke kampung halaman.

Setiap calon penumpang penerbangan rute domestik wajib menyertakan sejumlah dokumen perjalanan sesuai dengan protokol kesehatan. Diantaranya, Tiket, Surat Keterangan Alasan Perjalanan atau Surat Tugas dari instansi atau perusahaan serta Surat Keterangan bebas COVID-19.

Sebelum melakukan check-in, Petugas Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19 akan memeriksa kelengkapan dokumen setiap calon penumpang di pintu masuk terminal. Di Terminal 2, pemeriksaan dilayani di Gate 4, sementara di Terminal 3 dilayani di Gate 3.

Setelah dokumen perjalanan dinyatakan lengkap di posko pintu masuk, calon penumpang boleh memasuki gedung Terminal melalui pemerikaaan di Security Check Point (SCP) 1.

Selanjutnya, calon penumpang mengisi Health Alert Card (HAC) di Posko Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di area check-in. Setelah dinyatakan lengkap dan memperoleh surat clearance dari petugas KKP maka calon penumpang boleh melalukan check-in.

Setelah dari konter check-in, penumpang kemudian menuju SCP 2. Di tempat pemeriksaan keamanan atau SCP 2 ini, petugas Aviation Security (Avsec) akan memeriksa surat clearance yang diperoleh dari petugas KKP, boarding pass, dan identitas diri calon penumpang untuk masuk ke ruang tunggu (boarding lounge).

“Kami mengimbau kepada calon penumpang agar tiba lebih awal datang di Bandara paling tidak 3-4 jam sudah di bandara sebelum keberangkatan. Karena mekanismenya sekarang berbeda,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (10/5/2020).

Calon penumpang rute domestik juga diminta terlebih dahulu melengkapi dokumen perjalanan sebelum datang ke Bandara Soetta. Karena di Bandara Soetta tidak menyediakan fasilitas untuk pemberian surat keterangan sehat.

“Untuk calon penumpang agar tidak mencari surat keterangan sehat perjalanan itu di bandara. Karena surat keterangan sehat bebas COVID-19 itu menjadi syarat untuk pembelian tiket di maskapai,” kata Awaluddin.

“Jadi itu mekanisme tanggung jawab antara badan usaha pengangkut udara dan pihak yang diangkut dalam hal ini calon penumpang. Perlu dipahami karena bisa menjadi salah persepsi untuk kelengkapan dokumen perjalanan,” tambahnya. (Rmt)