Home Bandara AP II Sambut Penumpang yang ke 30 Juta di Bandara Soetta

AP II Sambut Penumpang yang ke 30 Juta di Bandara Soetta

0

Penumpang pesawat Garuda Indonesia GA-207 rute Yogyakarta (YIA) – Jakarta (CGK) bisa dikatakan penumpang yang cukup beruntung.

Bagaimana tidak, penumpang sebanyak kurang lebih 66 orang tersebut disambut khusus di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Minggu (8/11/2020).

Mereka mendapatkan gift sederhana berupa coklat dari pengelola Bandara Soekarno-Hatta.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi mengatakan, penyambutan ini merupakan bagian dari program Customer Happines 30 million Traffic Passenger Angkasa Pura II.

“Hari ini kami melakukan penyambutan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang ke 30 juta. Tapi perlu kami sampaikan 30 juta itu adalah penumpang korporasi keseluruhan dari 19 Bandara PT Angkasa Pura II,” kata Agus Haryadi di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (8/11/2020).

Agus menjelaskan, penumpang penerbangan di 19 Bandara PT Angkasa Pura II hingga hari ini telah mencapai 30 juta. Hingga akhir Tahun, diprediksi pergerakan penumpang sebanyak 35 juta orang.

“Secara keseluruhan total penumpang yang sudah bisa dicapai sampai dengan 8 November ini mencapai 30 juta. Insha Allah sampai akhir tahun prediksi di 35 juta (penumpang),” tuturnya.

Sementara di Bandara Soekarno-Hatta lanjut Agus, pergerakan penumpang hingga hari ini mencapai kurang lebih 17.179.000 orang.

“Dimana nanti sampai dengan 31 Desember prediksi kita sampai di angka 20 juta (penumpang) dan kami masih optimis angka tersebut bisa dicapai mengingat periode tersebut kita bertemu event natal dan tahun baru,” jelasnya.

Dampak Positif Stimulus PSC

Adanya kebijakan pemerintah dengan pemberlakuan stimulus Passenger Service Charge (PSC) yang berbarengan dengan libur panjang membuat pergerakan penumpang semakin bergairah.

“Kebetulan berbarengan dengan libur panjang kemudian dalam 7 hari berturut kita sempat menyentuh angka pergerakan di 600 pesawat di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Agus.

Diketahui, sebelum Covid-19 mewabah di Indonesia, pergerakan pesawat di Bandara Soetta mencapai 1.200 pergerakan per hari baik take off maupun landing. Kendati demikian, dengan adanya Stimulus PSC sangat berdampak positif dengan pergerakan penumpang.

“Tentu ini masih jauh, tapi kita bandingkan dengan periode di April-Mei (2020) ini kita terkontraksi sangat dalam penerbanga. Mungkin hanya sekitar 100-300, angka ini sudah menunjukan geliat yang sangat menggembirakan. Terlepas dari long weekend, stimulus PSC ini juga sangat membantu dan kami menyampaikan terimakasih kemenhub yang telah menginisiasi psc stimulus ini dan kami berharap ini bisa memberikan dampak (positif) hingga akhir tahun,” tandas Agus Haryadi. (Rmt)