Home Berita PKM Eresha Online Adakan Workshop System Asset Management di SMKN 1 Gunung...

PKM Eresha Online Adakan Workshop System Asset Management di SMKN 1 Gunung Sindur

0

Pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Koordinator PKM Yunida Prawira Widodo mengatakan bahwa dengan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) sistem informasi di SMKN 1 Gunung Sindur diharapkan dapat saling terintegrasi dan mengoptimalkan kinerja sekolah.

Dengan menggunakan ERP, bagian pencatatan aset dapat mengakses informasi secara real time, terintegrasi, dan data yang tersentralisasi. Hal tersebut mendasari STMIK Eresha dalam Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Workshop Pengenalan Sistem Asset Management di SMKN 1 Gunung Sindur” yang bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi sumber terbuka Odoo sebagai piranti lunak dalam system asset management.

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi video-teleconference karena sedang dalam masa pandemi COVID-19.

Dra. Tri Purwani Dwi I yang menjabat sebagai Waka Sarana Prasarana dan menjadi perwakilan dari SMKN 1 Gunung Sindur menyambut baik kegiatan PKM ini. Dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini pengelolaan dan dokumentasi aset di sekolahnya masih secara manual dengan menggunakan Excel sehingga sering ditemui ketidaksesuaian data aset yang tercatat dengan yang di lapangan.

Tri Purwani menambahkan bahwa workshop ini memberikan pengetahuan baru dalam mengelola aset di sekolah sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja sekolah.

Dalam sambutannya, perwakilan dari STMIK Eresha, Dr. Taswanda Taryo mengatakan bahwa walaupun PKM kali ini dalam kondisi serba terbatas akibat pandemi COVID-19 namun tidak mengurangi esensi dari PKM itu sendiri dalam membantu masyarakat pada umumnya. PKM merupakan bentuk nyata aksi mahasiswa dalam memajukan rakyat.

Peserta workshop yang terdiri dari para kepala bengkel, guru, dan bagian sarana prasarana sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena diharapkan bisa memudahkan pekerjaan mereka dalam mengelola dan mendokumentasikan aset sekolah.

Beberapa Perwakilan Dosen STMIK Eresha juga memberikan beberapa saran dan tanggapan salah satunya adalah Drs. H. Jazuli Mukhtar, MM. agar PKM dari STMIK Eresha membuatkan Tutorial dan dikirimkan kepada Peserta dalam hal ini Pihak SMKN 1 Gunung Sindur dan juga Eko Suharyanto, S.T, M.Kom juga mengatakan bahwa materi yang disampaikan sangat baik dan harapannya bisa diterapkan di SMKN 1 Gunung Sindur agar pengelolaan aset di sekolah dapat ditingkatkan.