Home Bandara Pengguna Surat Bebas Covid-19 Palsu Dapat Menimbulkan Klaster Baru di Dalam Pesawat

Pengguna Surat Bebas Covid-19 Palsu Dapat Menimbulkan Klaster Baru di Dalam Pesawat

0

Praktik pemalsuan surat keterangan bebas Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dibongkar Polisi. Tim Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soetta mengamankan setidaknya 15 pelaku.

Mereka adalah MHJ, M, ZAP, AA, U, YS, SB, S, S alias C, IS, C alias S, RAS, dan PA.

Para pelaku menawarkan dan membuat surat keterangan bebas Covid-19 palsu kepada penumpang yang belum memiliki salah satu syarat perjalanan tersebut.

Sehingga penumpang yang menggunakan surat bebas Covid-19 palsu ini tidak melalui tes Covid-19 seperti yang telah ditentukan.

Pengguna jasa sindikat ini dapat bebas masuk ke dalam terminal keberangkatan hingga ke dalam pesawat tanpa hambatan berarti.

Hal ini tentunya dapat mengancam kesehatan penumpang yang telah mengikuti prosedur yang benar. Di mana, mereka berada di dalam pesawat yang sama dengan orang yang tidak melalui tes Covid-19.

“Apa yang mereka lakukan ini dapat menimbulkan klaster baru di dalam pesawat, dapat membunuh orang lain dengan pelan. Karena yang menggunakan surat palsu ini tidak menjalani tes Covid-19,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Senin (18/1/2020).

Oleh karenanya, Yusri meminta masyarakat untuk mengikuti aturan yang berlaku dengan tes Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara kepada pelaku yang masih melakukan praktik pemalsuan surat Covid-19 diminta untuk menghentikan kegiatannya.

“Yang masih melakukan praktik ini segera berhenti! Kami tidak akan segan-segan menindak dengan tegas. Berhenti!” tegas Yusri. (Rmt)