Home Bandara Gagal Validasi Digital Dokumen Kesehatan? Ikuti Cara ini di Bandara Soetta

Gagal Validasi Digital Dokumen Kesehatan? Ikuti Cara ini di Bandara Soetta

0
foto: Lokasi Validasi Digital Dokumen Kesehatan di Gate 5 Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. (tangerangonline.id)

Saat ini aplikasi PeduliLindungi merupakan syarat wajib bagi calon penumpang pesawat khususnya penerbangan domestik.

Pasalnya, aplikasi tersebut memuat syarat perjalanan menggunakan pesawat udara. Di antaranya, sertifikat vaksin Covid-19 dan dokumen kesehatan berupa hasil RT-PCR/Antigen test.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), telah disediakan sejumlah sarana untuk validasi dokumen kesehatan secara digital di pintu masuk Terminal keberangkatan.

Akan tetapi, tidak semua penumpang yang sudah memiliki dokumen perjalanan lengkap bisa lolos melakukan validasi dokumen kesehatan di tempat tersebut. Tidak sedikit pengguna jasa bandara tidak berhadil alias gagal melakukan validasi syarat penerbangan secara digital.

Meskipun begitu, calon penumpang pesawat tidak perlu cemas ketika proses validasi dokumen perjalanan gagal dilakukan secara digital.

foto: tampilan validasi Dokumen Kesehatan yang gagal.

Selama penumpang memiliki persyaratan seperti sertifikat vaksinasi dan surat keterangan pemeriksaan RT-PCR/Antigen dengan hasil negatif, maka penumpang tetap dapat melakukan perjalanan udara.

Pertama, calon penumpang pesawat harus menyiapkan dokumen fisik surat keterangan pemeriksaan RT-PCR/Antigen dengan hasil negatif.

Selanjutnya, siapkan aplikasi PeduliLindungi yang telah didaftarkan sesuai dengan Nomor Induk Kepedudukan (NIK). Karena, di aplikasi tersebut terdapat sertifikat Vaksin COVID-19.

Untuk mempercepat proses validasi secara manual, calon penumpang pesawat disarankan melengkapi dokumen berupa, Tiket penerbangan, e-KTP atau Paspor, hasil Negatif RT-PCR/Antigen, aplikasi PeduliLindungi.

Setelah semua dokumen tersebut telah lengkap, calon penumpang dapat menuju Posko KKP Bandara Soetta di Digital Lounge (Dilo) Terminal 3, tepatnya di Gate 3 di antara Island C dan Island D.

foto: Lokasi validasi dokumen kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Di Posko ini, calon penumpang akan dilayani oleh petugas KKP Bandara Soetta untuk memvalidasi dokumen kesehatan untuk syarat penerbangan.

Setelah surat hasil RT-PCR/Antigen divalidasi dan dinyatakan layak bepergian dengan pesawat, selanjutnya calon penumpang dapat langsung menuju check-in counter maskapai sesuai dengan tiket penerbangan.

Calon penumpang pesawat juga diimbau agar tiba lebih awal di Bandara, minimal 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan. Hal ini dianjurkan supaya tidak tergesa-gesa dalam memenuhi prosedur syarat penerbangan tersebut. (Rmt)