Home Berita Tim Satgas Covid Kelurahan Kabayan Tangani Dafa Siswa SDN 5 Kabayan Dengan...

Tim Satgas Covid Kelurahan Kabayan Tangani Dafa Siswa SDN 5 Kabayan Dengan Intensif

0

 

Tim satuan gugus tugas (Satgas) Covid-19 Kelurahan Pandeglang dan pihak SD Negeri 5 Kabayan, Kabupaten Pandeglang bergerak cepat menangani seorang siswa kelas 6 bernama Dafa (13) yang sakit setelah dilakukan vaksinasi pada Rabu (09/2/2022) atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), langsung ditangani tim medis dan dirawat di RSUD Pandeglang, yang saat ini kondisinya sudah membaik.

Hal demikian disampaikan Lurah Kabayan, Imat Ruhimat yang didampingi Bidan Puskesmas Cikupa, Ratna Mutia dan Kepala SDN 5 Kabayan, Ujang serta Sekretaris Kecamatan Pandeglang, M.Apandi saat melakukan klarifikasi kepada media, Sabtu (12/02/2022).

“Terkait kejadian siswa SDN 5 Kabayan bernama Daffa, kami bersama tim medis para bidan dan pihak Kormin Dindik Kecamatan Pandeglang langsung tanggap, apakah adanya dugaan KIPI hingga membawanya ke RSUD Pandeglang untuk dirawat secara intensif. Dan kami harus klarifikasikan pemberitaan di media kronologis yang sebenarnya,” ungkap Lurah Imat.

Sementara Kepala SDN 5 Kabayan, Ujang Holil membenarkan siswanya saat ini sedang dilakukan perawatan intensif oleh tim medis RSUD Pandeglang dan pengawasan dari tim medis puskesmas.

“Untuk Daffa sendiri sudah ada surat pernyataan untuk di vaksin yang didampingi ibunya,” kata Ujang seraya menambahkan ucapan terima kasih pada seluruh tim satgas Covid-19 membantu kondisi siswanya bernama Daffa tersebut.

Sekamat Pandeglang, M.Apendi menegaskan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi di 25 SD dan beberapa Madrasyah Iptidaiyah (MI) yang ada di Kecamatan Pandeglang selama 7 hari berjalan dengan aman, lancar dan kondusif terutama dilakukan sesuai Standar Operasional Pelaksanaan (SOP) vaksinasi dan tidak ada vaksaan pada siswa tersebut untuk divaksin.

“Saya sudah melihat kondisi anak kita Daffa, dan Alhamdulillah sudah membaik, dan semoga sore ini tim dokter bisa memperbolehkan untuk pulang,” tutur Apandi.

Sedangkan Ratna Mutia selaku Bidan Puskesmas Cikupa tim medis yang menangani kegiatan vaksinasi di Kecamatan Pandeglang, khususnya di Kelurahan Kabayan menjelaskan kronologis Daffa siswa SDN 5 Kabayan tersebut.

“Rabu (9/02) siswa Daffa sudah ada surat persetujuan orangtua dahulu, sebelum divaksin terlebih dahulu dilakukan screning pemeriksaan suhu, tensi dan lain termasuk tidak ada kontra indikasi terhadap Daffa,” terang Bidan Ratna.

Selain itu, lanjut Bidan Ratna pihaknya bersama tim medis pelaksanaan vaksinasi juga memberikan edukasi pada semua siswa dan orangtua yang mendampingi anak dalam vaksinasi jika ada keluhan setelah divaksin terhadap anak, seperti Daffa yang dengan cepat ditangani.

“Intinya semua kegiatan vaksin selama 7 hari kemarin dilakukan sesuai SOP. Adapun yang menjelaskan soal Daffa itu langsung dari tim dokter yang menangani. Kita berharap bukan karena dari vaksin, karena kondisinya saat divaksin sehat,” pungkasnya. (Den)