Home Bandara Tertib Berlalu Lintas, Pengendara Dapat Minyak Goreng Gratis di Bandara Soetta

Tertib Berlalu Lintas, Pengendara Dapat Minyak Goreng Gratis di Bandara Soetta

0

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mendapatkan minyak goreng di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (7/3/2022).

Minyak goreng gratis itu diberikan langsung oleh personel Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resort Kota (Polresta Bandara Soetta) yang tengah menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2022.

Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq menuturkan, minyak goreng gratis ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengendara yang tertib berlalu lintas.

“Dengan maksud untuk membantu masyarakat yang tengah kesulitan dan kelangkaan minyak goreng. Prinsipnya, kami Sat Lantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta, ingin ikut membantu dan meringankan beban masyarakat, karena masyarakat atau pekerja di Bandara Soetta tersebut sudah mendukung dalam hal tertib berlalu-lintas,” kata Kompol Bambang AS.

Meski minyak goreng yang dibagikan tidak terlalu banyak, Kompol Bambang AS berharap apresiasi tersebut dapat menjadi bukti wujud kepedulian perhatian Polisi Lalu Lintas (Polantas) kepada pengendara yang sudah tertib berlalu-lintas.

“Jarang kita memberikan apresiasi buat yang sudah tertib, kebanyakan melakukan penindakan yang melanggar. Ini saya ubah mindset dengan memberikan reward kepada yang tertib sehingga menjadi trigger bagi yang melanggar agar teracuni menjadi tertib,” jelasnya.

Adapun kriteria penerima minyak goreng gratis ini diantaranya pengendara kendaraan bermotor yang tertib berlalu-lintas yang menggunkan helm SNI, kelengkapan kendaran mulai spion, lampu sign, lampu siang menyala; dan kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK.

“Yuk, kita bisa menjadi ‘Pelopor Tertib Berlalu-lintas’ untuk mencegah atau mengurangi terjadinya korban fatalitas kecelakaan di jalan dan menurunkan terjadinya kecelakaan di jalan!” seru ayah dua anak itu.

Kompol Bambang AS menambahkan, pemberian apresiasi minyak goreng gratis yang berasal dari Kapolresta Bandara Soetta itu sesuai dengan misi Kapolda Metro Jaya di tahun 2022 ini, yang mengedepankan polisi berseragam dengan tampilan “Polisi Baik dan Polisi Penolong” yang kehadirannya selalu didamba masyarakat.

“Kehadiran Polisi Lalu Lintas di tengah-tengah masyarakat menjadi representasi kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat. Apalagi kita tidak tahu sampai kapan pandemi COVID-19 akan berakhir,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Sat Lantas Polres Kota Bandara Soetta juga membagikan masker gratis. Sejauh ini ada sekitar 700 masker yang telah dibagikan kepada pengguna jalan raya.

“Tidak lupa kami mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan pada saat berkendara di jalan. Selain itu, kami dari Polresta Bandara Soetta dalam setiap kegiatan operasi membagikan masker dan memberikan imbauan di area terminal- terminal Bandara Soekarno-Hatta guna mencegahan penyebaran COVID-19,” kata Kompol Bambang AS.

Mantan Korspri Kabaharkam Polri ini menjelaskan, pada Operasi Mandiri Kewilayahan Keselamatan Jaya 2022 yang berlangsung hingga 14 Maret 2022 ini adalah dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu-lintas (Kamseltibcar Lantas) pada masa pandemi COVID-19.

Kepolisian mengedepankan kegiatan pre-emtif, preventif, dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu-lintas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Sampai saat ini, Sat Lantas Polresta Bandara Soetta telah berhasil menertibkan sebanyak 43 pelanggaran lalu-lintas dan 45 pelanggaran protokol kesehatan, yang terdiri dari masyarakat, pekerja, maupun pengguna jasa Bandara Soetta.

“Dari hasil penertiban pelanggaran tersebut, Sat Lantas Polresta Bandara Soetta tidak melakukan sanksi Tilang. Kami hanya mengimbau kepada pelanggar tersebut untuk selalu tertib berlalu-lintas dan selalu menaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, mencuci tangan, lakukan vaksinasi COVID-19, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan,” ungkap Kompol Bambang AS. (Rmt)