Home Bandara Bandara Soetta Terbaik Se-Asia Tenggara di Tengah Pandemi COVID-19

Bandara Soetta Terbaik Se-Asia Tenggara di Tengah Pandemi COVID-19

0

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi salah satu bandara Angkasa Pura II yang paling banyak mendapat penghargaan global terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Bandara berkode CGK dan yang merupakan pintu utama Indonesia dan bandara tersibuk di dalam negeri ini mendapat penghargaan tingkat global terkait dengan upaya pencegahan COVID-19, diantaranya;

1. The COVID-19 Airport Excellence Awards dari Skytrax

Skytrax mengumumkan 39 bandara yang pantas mendapatkan The COVID-19 Airport Excellence Awards. Di kawasan Asia Tenggara, terdapat dua bandara yang meraih penghargaan ini yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi (Singapura).

Pemberian penghargaan ini berasal dari penilaian pelanggan terhadap sejumlah aspek kunci antara lain papan informasi mengenai COVID-19, kewajiban penggunaan masker, ketersediaan dan letak dari hand sanitizer, penanda jaga jarak, kewajiban melakukan jaga jarak, pengaturan kursi restoran/tempat makan, prosedur higienis saat pemeriksaan keamanan, jaga jarak saat pemeriksaan keamanan, imigrasi, kebersihan terminal penumpang dan kebersihan toilet

2. Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) 2021 dari Airport Council International

Pada Maret 2022, Airport Council International mengumumkan bandara yang pantas mendapat penghargaan Best Hygiene Measures.

Penghargaan ini diberikan ACI kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi COVID-19 sesuai keinginan traveler guna memenuhi kebutuhan mereka, dan untuk memastikan lingkungan bandara tetap bersih dan aman di tengah pandemi.

Untuk di kawasan Asia Pasifik atau Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific), hanya ada 10 bandara yang berhasil merasih penghargaan tersebut, dan 6 di antaranya dikelola oleh AP II salah satunya yakni Bandara Soekarno-Hatta.

3. Safe Travel Score 4.3 dari Safe Travel Barometer

Lembaga global Safe Travel Barometer memberikan Safe Travel Score mencapai 4.3 dari paling tinggi 5 bagi Bandara Soekarno-Hatta berdasarkan audit independen terhadap 34 inisiatif mencakup protokol kesehatan COVID-19, kenyamanan traveler dan keunggulanan layanan sisi udara dan sisi darat.

Skor yang diraih Bandara Soekarno-Hatta ini tertinggi di ASEAN dan menyamai skor dari Bandara Changi (Singapura). Di dalam penilaian sebelumnya, Bandara Soekarno-Hatta mendapat skor di bawah Bandara Changi.

4. Airport Health Accreditation dari Airport Council International

Bandara Soekarno-Hatta berhasil mendapat akreditas dari Airport Council International (ACI), yakni Airport Health Accreditation atas penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Pada 2020, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara pertama di Indonesia yang meraih akreditasi ini.

Sementara itu pada 2021, untuk kedua kalinya Bandara Soekarno-Hatta kembali berhasil meraih akreditasi ini. Penilaian selanjutnya akan dilakukan pada akhir 2022.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan dan apresiasi global yang berhasil diraih ini menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara yang paling konsisten menerapkan protokol kesehatan di ASEAN.

“AP II berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder termasuk pengunjung bandara dan penumpang pesawat, sehingga protokol kesehatan yang dijalankan di Bandara Soekarno-Hatta dapat diakui di tingkat global,” ujar Awaluddin, Senin (18/4/2022).

Sejalan dengan 4 penghargaan dan apresiasi dari lembaga global tersebut, Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu yang terbaik dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. (Rmt)