Home Berita PBB Jadi Andalan PAD, Bupati Pandeglang Minta OPD Tagih Wajib Pajak

PBB Jadi Andalan PAD, Bupati Pandeglang Minta OPD Tagih Wajib Pajak

0

Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan penarikan pajak agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat maksimal terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang menjadi andalan PAD.

Irna mengatakan, PBB merupakan sumber PAD yang paling besar dan menjadi andalan pendapatan di Kabupaten Pandeglang.

“Jadi andalan kita sekian ratus miliar itu di PBB,” kata Irna saat ditemui awak media, Rabu (22/6/2022).

Meski begitu, ia mengaku pendapatan atas pajak daerah hingga saat ini belum memenuhi target. Kendati demikian, ia meminta para jajaran agar aktif melakukan penarikan agar target tercapai.

“Di tengah pandemi sih memang lagi merangkak naik, PBB banyak yang belum bayar, tapi intinya kepada para Camat harus turun melakukan pengawasan untuk membayar pajak bumi dan bangunan, kami harap kepada wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak,” kata Irna saat diwawancarai Tangerangonline.id, Rabu, (22/6/2022).

Selain PBB, pendapatan yang dapat menambah PAD bakal digenjot terus oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Diantaranya, pajak perhotelan, parkir, air tanah dan lainnya.

“Kami terus meramu agar si Wajib Pajak agar melakukan kewajiban pajaknya. Yah kalau hotel sih gampang retribusi hotel,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk memaksimalkan PAD, Pemkab Pandeglang juga berkolaborasi dengan aparat penegak hukum kejaksaan untuk membantu menagih pajak daerah.

“Selain itu retribusi-retribusi yang lain sebagainya juga seperti sampah dan parkiran, jadi pihak ketiga itu kami bantu dari Kejaksaan, pihak ketiga yang tidak konsisten tidak komitmen itu, saya minta bantuan kepada pengacara negara yaitu kejaksaan untuk penagihan Rp 350 juta itukan masuk PAD,” pungkasnya. (Dan)