Home Bandara Wanita Asal Meksiko ini Selundupkan 3Kg Sabu di Bandara Soetta

Wanita Asal Meksiko ini Selundupkan 3Kg Sabu di Bandara Soetta

0

Seorang wanita berinisial LHR diamankan petugas sesaat setelah tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Jumat (19/8/2022) lalu.

Pasalnya, wanita berkewarganegaraan Meksiko itu kedapatan membawa narkotika jenis sabu yang disimpan di dalam koper yang telah dimodifikasi. LHR merupakan eks penumpang Turkish Airlines TK0056 rute Istanbul – Jakarta.

Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Finari Manan mengungkapkan, penegahan penyelundupan sabu tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap koper milik LHR.

“Berawal dari kecurigaan petugas terhadap koper besar yang dibawa LHR,” kata Finari di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (31/8/2022).

Petugas Bea Cukai kemudian melakukan pemeriksaan mendalam terhadap barang bawaan LHR. Di sana, petugas menemukan narkotika jenis sabu yang disimpan dalam beberapa kantong plastik dengan berat tiga kilogram.

“Jadi sabunya itu diselundupkan di dalam kompartemen khusus yang dimodifikasi. Jadi kalau koper dibuka biasa, sabu tidak terlihat karena ada di dalam kantong khusus,” ujar Finari.

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata LHR adalah kurir sabu jaringan internasional yang mendapatkan tugas dari WNA asal Iran.

“Dalam pengakuannya, tersangka diperintahkan oleh salah satu jaringan narkoba internasional asal Meksiko untuk ambil koper isi sabu dari seorang WNA Turki,” terang Finari.

Tim gabungan Bea Cukai, Imigrasi Soetta dan Sat Res Narkoba Polresta Bandara Soetta melakukan control delivery terhadap barang haram tersebut. Petugas gabungan kemudian mengendus keberadaan WNA Iran tersebut yang berinisial EK.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, EK berhasil dibekuk petugas gabungan saat tengah menunggu paket sabu tersebut di sebuah hotel di bilangan Jakarta Barat.

“Ternyata EK diperintah oleh jaringan sindikat narkoba Internasional yang berada di Iran,” kata Finari.

Kasus penyelundupan sabu tersebut ditangani oleh Sat Res Narkoba Polresta Bandara Soetta. Kedua tersangka yakni LHR dan EK ditahan sel tahanan Mapolresta Bandara Soetta. (Rmt)