Home Bandara Ada Perubahan Pemeriksaan Keamanan di Terminal 2 Bandara Soetta, Jangan Coba-coba Bawa...

Ada Perubahan Pemeriksaan Keamanan di Terminal 2 Bandara Soetta, Jangan Coba-coba Bawa Barang Larangan

0
foto: Security Check Point (SCP) 1 Terminal 2E Keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

Alur pemeriksaan keamanan terhadap penumpang (pax) dan barang bawaan di Terminal 2 Keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diubah. Mesin X-Ray dan Walk-Through Metal Detector (WTMD) di Security Check Point (SCP) 1 Terminal 2 tidak diaktifkan.

Bila sebelumnya penumpang yang akan memasuki area check-in konter Terminal 2 harus melewati pemeriksaan keamanan di SCP 1, kini seluruh pengguna jasa dapat langsung masuk hingga ke Sentra Koridor Terminal 2D dan 2E tanpa melalui pemeriksaan keamanan melalui WTMD.

Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soetta PT Angkasa Pura II, M Holik Muardi menjelaskan, pemeriksaan bagasi tercatat dan barang bawaan maupun orang perseorangan di SCP 1 Terminal 2D dan 2E ditiadakan.

“Pemeriksaan bagasi tercatat telah dipindahkan dan dilakukan di area setelah check-in. Sementara untuk pax dan barang bawaannya (carry-on luggage) akan dilakukan pemeriksaan keamanan di SCP 2 sebelum menuju ke ruang tunggu (boarding lounge),” kata Holik kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (18/10/2022).

foto: Mesin X-Ray di Security Check Point (SCP) 1 Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

Menurut Holik, perubahan pemeriksaan keamanan terhadap penumpang dan barang bawaan di Terminal 2 tersebut sesuai dengan regulasi yang ada. Bahkan penerapan pemeriksaan keamanan serupa telah dilakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar.

“Hal ini sesuai dengan amanat regulasi keamanan penerbangan internasional (ICAO) maupun nasional (Kemenhub),” ujar Holik.

Holik menjelaskan, adanya perubahan tersebut, pemeriksaan keamanan penumpang atau pengunjung dilakukan dengan memperketat pengawasan melalui CCTV dan patroli gabungan di pintu keberangkatan dengan menggandeng stakeholder keamanan.

“Kami masih menempatkan petugas di setiap akses masuk untuk melakukan profiling dan behaviour detection (deteksi perilaku). Selain itu, kami juga meningkatkan patroli gabungan antara Aviation Security bersama TNI-Polri dan juga pengamanan tertutup,” jelas Holik.

Sedangkan untuk barang bawaan penumpang yang diserahkan kepada petugas saat check-in atau bagasi tercatat akan dilakukan pemeriksaan lanjutan pada Baggage Handling System. Petugas check-in konter juga akan menanyakan apa saja isi bagasi yang dibawa oleh penumpang.

foto: Security Check Point Terminal 2E Keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

“Pihak maskapai (petugas check-in) juga akan melakukan security questions kepada penumpang saat proses check-in,” tutur Holik.

Oleh karenanya, Holik mengimbau kepada seluruh pengguna jasa Bandara Soetta khususnya yang dilayani melalui Terminal 2 tidak membawa benda atau barang yang dilarang dalam penerbangan.

Pasalnya, apabila ditemukan benda yang masuk kategori barang larangan dalam bagasi tercatat tersebut akan menyulitkan pemiliknya sendiri karena harus berurusan dengan petugas kemanan.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta agar tidak membawa barang larangan di dalam bagasi tercatat. Karena seluruh barang bawaan penumpang melalui pemeriksaan yang ketat,” tutur Holik. (Rmt)