Beranda Berita Puluhan Mahasiswa Antusias Ikuti Pelatihan Foto Jurnalistik Bersama BMC Tangerang Raya

Puluhan Mahasiswa Antusias Ikuti Pelatihan Foto Jurnalistik Bersama BMC Tangerang Raya

0

Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya mengadakan pelatihan foto jurnalistik dengan tema Ngabuburit Jurnalistik.

Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Kampus ini berlangsung di Aula Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Minggu, (2/4/2023).

Puluhan mahasiswa dan mahasiswi yang ikut dalam kegiatan ini tampak antusias mengikuti pelatihan jurnalistik foto tersebut.

Ketua Panitia Ngabuburit Jurnalistik, Irfan Maulana mengatakan, pelatihan ini dilakukan atas dasar kepedulian para jurnalis yang tergabung dalam BMC Tangerang Raya terhadap pendidikan jurnalistik.

“Peserta yang ikut dalam pelatihan ini diberikan ilmu soal dasar-dasar foto jurnalistik. Bagaimana cara pengambilan foto dengan standar jurnalistik dan penjelasan atau caption dalam foto,” ujarnya.

Menurut Irfan, pelatihan ini penting diberikan kepada mahasiswa. Karena mahasiswa merupakan agen perubahan di masa depan.

“Lewat karya jurnalis mahasiswa bisa menyampaikan aspirasi masyarakat untuk perubahan,” katanya.

Dia menuturkan, pers sebagai salah satu pilar demokrasi setelah yudikatif, legislatif dan eksekutif harus berbagi keilmuan jurnalistik untuk regenerasi.

“Sehingga, mahasiswa bisa mengawal demokrasi. Ini juga bisa menjadi bekal mereka ketika terjun ke dunia jurnalistik,” ucapnya.

Pelatihan ini dikemas sekaligus untuk bersilaturahmi BMC Tangerang Raya dengan para mahasiswa sembari ngabuburit dan buka puasa bersama.

Dalam pelatihan ini, BMC menggandeng tiga organisasi pers yang menjadi konstituen dewan pers. Diantaranya, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Tangerang dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Koordinator Wilayah Kota Tangerang.

Irfan menjelaskan, pelatihan ini berlangsung selama tiga kali pertemuan di setiap pekan bulan Ramadhan. Pertemuan pertama pada hari ini Minggu, 2 April 2024 dengan materi Foto Jurnalistik.

Kemudian, sesi kedua dengan materi Video Jurnalistik dan pertelevisian pada Minggu, 9 April 2023. Terakhir, sesi ketiga yakni penulisan jurnalistik pada Minggu, 16 April 2023. (Rmt)