Beranda Bandara Bandara Soetta Tetap Layani Penerbangan Reguler Selama KTT ASEAN, Sebagian Pesawat Delegasi...

Bandara Soetta Tetap Layani Penerbangan Reguler Selama KTT ASEAN, Sebagian Pesawat Delegasi Parkir di Bandara ini

0

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) tetap melayani penerbangan reguler menjelang dan selama penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. PT Angkasa Pura II memastikan seluruh penerbangan reguler berjadwal tidak terganggu dan tetap beroperasi seperti biasanya.

“Tidak ada penutupan untuk penerbangan reguler menjelang maupun saat penyelenggaraan KTT ke-43. Apron atau lokasi parkir pesawat telah disiapkan untuk yang menginap, dan dipastikan tidak mengganggu pergerakan pesawat reguler,” kata President Director AP II, Muhammad Awaluddin, Senin (4/9/2023).

Terpisah, Executive General Manager Bandara Soetta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan bahwa Bandara Soetta telah siap menyambut dan melayani penerbangan VIP atau delegasi tamu negara untuk KTT ASEAN.

“Persiapan KTT kita full. Sebagai operator Bandara tentunya kami support kegiatan aktivitas penerbangan, parkir pesawat dan flow para tamu di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Dwi Ananda saat dijumpai di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang.

Menurut Dwi, hari ini adalah puncak kedatangan pimpinan atau perwakilan negara anggota ASEAN yang datang melalui Bandara Soetta.

“Negara yang sudah tiba, tadi pagi Timor Leste, semalam ada Cook Island dan beberapa negara peninjau seperti PBB. Besok juga termasuk (kedatangan). Baru nanti tanggal 7 mulai kembali ke negara masing-masing,” ujarnya.

Parkir Pesawat

Dwi Ananda menuturkan, tidak semua pesawat pimpinan atau perwakilan negara anggota ASEAN parkir di Bandara Soetta. Sebagian akan parkir inap (remain over night/RON) di Bandara Kertajati Jawa Barat dan Bandara Internasional Yogyakarta.

“Mengingat Bandara Soekarno-Hatta selama KTT tetap melayani penerbangan reguler sehingga tidak semua pesawat anggota ASEAN dan tamu undangan bisa RON di Bandara Soekarno-Hatta. Sebagian ditempatkan di Bandara Kertajati dan Yogyakarta. Mulai hari ini sampai nanti malam tamu akan berdatangan,” katanya.

Dijelaskannya, di Bandara Soetta disiapkan sebanyak 18 parking stand pesawat delegasi negara KTT ASEAN. Sembilan diantaranya untuk pesawat berbadan lebar (wide body) dan 9 untuk pesawat berbadan sedang (narrow body).

“Untuk parkir inap di Bandara Soekarno-Hatta ada kurang lebih 9 wide body dan 9 narrow body yang sesuai rencana dan secara kapasitas karena reguler tidak terganggu memang juga tidak terlalu banyak. Secara hasil pembahasan dan rapat sudah disepakati oleh seluruh anggota semua sesuai dengan kesepakatan parkir inap,” tutur Dwi Ananda. (Rmt)