Beranda Bandara Luncurkan Kampung KASANAH, Cara AirNav Indonesia Kampanyekan Keselamatan Penerbangan di Wonosobo

Luncurkan Kampung KASANAH, Cara AirNav Indonesia Kampanyekan Keselamatan Penerbangan di Wonosobo

0
Peluncuran Kampung KASANAH di Desa Gunturmadu, Kecamatan Mojo Tengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (dok. AirNav Indonesia)

AirNav Indonesia dalam beberapa terus aktif mengkampanyekan bahayanya balon udara yang diterbangkan secara bebas dan tanpa kendali terhadap keselamatan penerbangan.

Berbagai upaya sosialisasi dilakukan, baik dalam bentuk kampanye di media sosial, spanduk, festival balon udara yang ditambatkan dengan tali, dan juga berbagai program pemberdayaan masyarakat.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) AirNav meluncurkan ‘Kampung Kreasi Sadar Navigasi Harmoni’ atau Kampung KASANAH yang berlokasi di Desa Gunturmadu, Kecamatan Mojo Tengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Sabtu, 20 April 2024.

Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti mengatakan pihaknya berterima kasih kepada semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Wonosobo, serta menegaskan komitmen AirNav Indonesia untuk melaksanakan program ini secara berkelanjutan sesuai dengan arahan Kementerian BUMN.

“Kami bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, TNI-Polri, serta komunitas balon setempat terus mengupayakan agar jumlah balon udara yang diterbangkan, dapat berkurang setiap tahunnya,” kata Polana.

Polana menuturkan, program Kampung KASANAH tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dengan memperkuat literasi bahaya balon udara liar di masyarakat.

“Tetapi juga pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan ketrampilan UMKM (handycraft, batik) dan inovasi di bidang peternakan, serta pelestarian seni budaya (tari lengger), yang kesemua aspek tersebut dapat meningkatkan perekonomian dan parisawata setempat,” jelasnya.

“Dengan fokus pada tema balon udara, produk handycraft, peternakan, dan budaya lokal, program ini menjadi landasan untuk menciptakan destinasi wisata yang unik kreatif, dan edukatif,” tambah Polana.

Selain dihadiri oleh Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti beserta jajarannya, kampung KASANAH juga diresmikan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Sekda Wonosobo, Saraswati, Sekretaris Camat Mojotengah, Eko Widinugroho, Kepala Desa Gunturmadu, Suparman, Kapolsek Mojotengah Sanyoto dan Danramil Sugeng Hari serta perwakilan tokoh masyarakat.

Masyarakat Desa Gunturmadu yang hadir, menunjukkan antusiasme dan dukungan mereka terhadap program yang akan memberikan dampak positif bagi pendidikan, lingkungan, dan ekonomi di wilayah mereka.

Kepala Bidang Pemerintahan Sekda Wonosobo, Saraswati menyatakan dukungan dan apresiasinya terhadap inisiatif AirNav dalam program ini.

Program Kampung Kasanah membawa harapan akan masa depan lebih baik bagi masyarakat kami. Kami akan mendukung penuh setiap langkah dalammewujudkan visi ini,” ujarnya.

Dengan peluncuran Kampung KASANAH ini, AirNav Indonesia menegaskan komitmennya, tidak hanya
dalam menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan, namun juga dalam memajukan masyarakat melalui inovasi, kolaborasi, dan program keberlanjutan agar terciptanya harmoni antara manusia dan lingkungan sambil menjaga keseimbangan ekosistem.

“Program ini diharapkan akan memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat, lingkungan, serta keselamatan penerbangan di Indonesia,” tutur Polana. (Rmt)