Home Bandara TPI Imigrasi Bandara Soetta Mencatat Perlintasan Penumpang rute Internasional Naik Signifikan

TPI Imigrasi Bandara Soetta Mencatat Perlintasan Penumpang rute Internasional Naik Signifikan

0
Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno-Hatta mencatat terdapat tren kenaikan keberangkatan penumpang naik sebanyak 10% selama musik mudik lebaran 2024.

Kenaikan tersebut tercatat oleh data dari TPI di Bandara Internasional Soekaeno – Hatta (Soetta).

Pada musim mudik lebaran 2024 ini TPI Imigrasi Bandara Soetta melihat tren dari penumpang pesawat yang melintas baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Soekarno – Hatta Bambang Tri Cahyono mengatakan, data kenaikan yang diperoleh tersebut dilakukan selama 14 hari.

“Data lintasan tempat pemeriksaan TPI ini selama H- 7 hingga H+7 hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah atau 3 – 17 April 2024. Jika dibanding tahun lalu ini terdapat kenaikan 10 persen,” kata Bambang Tri, Rabu (24/4/2024).

Bambang merinci, pada tahun 2023 lalu jumlah penumpang yang melintas melalui Bandara Soetta mencapai 280.196 penumpang. Sedangkan pada tahun ini TPI mencatat terdapat 347.600 pada tahun 2024.

“Itu penumpang yang pergi meninggalkan Indonesia atau ke luar negeri,” ujarnya.

Pergerakan penumpang yang tiba di Indonesia juga tercatat mengalami kenaikan.

“Jika pada tahun 2023 jumlah penumpang yang datang pada priode angkutan lebaran berjumlah 247.385 maka pada tahun 2024 berjumlah 324.699 penumpang. Kalau yang tiba malah naik 13 persen,” ujar Bambang.

Sementara itu Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Soekarno-Hatta Uchky Adhitya mengklaim jika pihaknya terus melakukan peningkatan dalam memberikan pelayanan. Kata dia, pada tahun ini TPI Imigrasi Bandara Soetta juga menambahkan fasilitas autogate.

“Imigrasi telah memasang 78 autogate baru di Terminal 3 Bandara Soetta, 52 di terminal kedatangan dan 16 di terminal keberangkatan, dan 10 autogate baru di Terminal 2, masing-masing 5 di terminal kedatangan dan keberangkatan. Alat ini dapat digunakan baik oleh WNI maupun WNA,” kata Uchky.

Uchky menyebut fasilitas yang diberikan pihaknya dianggap sangat membantu bagi pengguna jasa penerbangan.

“Terutama saat pesawat dari luar negeri tiba waktu bersamaan. Petugas Imigrasi secara berkala mengarahkan penumpang yang baru tiba agar memanfaatkan lintasan autogate selain konter manual. Ada 62 petugas Imigrasi yang ditempatkan di Terminal 2 dan Terminal 3,” katanya.

Tercatat lima negara yang menjadi tujuan utama bagi para pelancong selama libur lebaran.

“Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong dan Uni Emirate Arab,” tutupnya.(Rmt)