PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan, dan memberikan pelayanan terbaik untuk melayani pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
Selain itu, pemenuhan regulasi yang tinggi juga dilakukan guna memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi seluruh penumpang pesawat.
Pemeriksaan keamanan yang dilakukan oleh petugas Aviation Security (Avsec), melalui security check point (SCP), menjadi salah satu upaya penting sebelum penumpang menuju boarding lounge dan selanjutnya masuk ke dalam pesawat.
Melalui pemeriksaan di SCP, petugas Avsec harus mendeteksi dan mencegah masuknya benda yang dilarang atau berbahaya ke dalam ruang runggu keberangkatan. Seperti senjata, benda tajam, cairan tertentu, dan benda – benda lain yang dapat membahayakan penerbangan.
Pemeriksaan keamanan juga bertujuan untuk mencegah masuknya orang yang tidak memiliki tiket maupun tidak mengantongi izin masuk ke area keamanan terbatas. Tak hanya itu, pemeriksaan juga dilakukan untuk memastikan bahwa semua penumpang mematuhi peraturan keamanan penerbangan yang berlaku.
Artinya, keberadaan petugas di SCP merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan di lingkungan bandara dan keselamatan penerbangan secara keseluruhan.
Oleh karena itu, calon penumpang pesawat diimbau agar memilah barang bawaan yang akan dibawa ke kabin maupun ke dalam bagasi tercatat sebelum menuju bandara.
Senior Manager of Branch Communication & Legal AP II KCU Bandara Soetta, M Holik Muardi menegaskan, regulasi terkait keamanan dan keselamatan penerbangan harus sepenuhnya ditaati, tanpa toleransi apapun (zero tolerance).
“Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, Bandara Soekarno-Hatta meminta pengertian penumpang jika pemeriksaan keamanan di security check point harus dilakukan secara detail,” kata Holik di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (29/4/2024).
“Hal ini dilakukan semata-mata untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang di pesawat. Sebelum proses keberangkatan, calon penumpang wajib mengetahui aturan terkait barang apa saja yang boleh atau tidak ke dalam pesawat,” tambahnya.
Terkait pelayanan, Holik mengaku pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada penumpang maupun pengguna jasa Bandara Soetta.
“Dari saat kedatangan hingga keberangkatan, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan bagi setiap penumpang. Kami juga memastikan bahwa Aviation Security selalu siaga dan tegas dalam menjalankan tugasnya, dengan tetap menjaga sikap santun dalam melakukan pemeriksaan keamanan,” tutur Holik.
“Kam mengapresiasi atas pengertian dan kerjasama seluruh penumpang dalam menjaga keamanan dan keselamatan bersama,” pungkasnya. (Rmt)