Bandara
Kapolres Dicurhati Terkait Pelayanan SKCK dan Barang yang Tertinggal di Bandara Soetta
Puluhan karyawan dan pekerja pelayanan kebersihan (cleaning service) berbondong-bondong mendatangi Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.
Kedatangan puluhan karyawan tersebut ternyata meminta bertemu langsung dengan Kapolresta Kombes Pol Roberto Pasaribu, untuk menyampaikan berbagai aspirasi terkait pelayanan kepolisian.
Diantaranya terkait tata cara pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan tempat melapor bila menemukan barang milik pengguna jasa Bandara yang tertinggal.
Kombes Pol Roberto menjelaskan, apabila pekerja cleaning service saat bekerja menemukan barang milik pengguna jasa yang tertinggal, maka dapat melaporkan secara berjenjang kepada pimpinannya atau langsung melaporkan ke Polsubsektor terdekat.
“Nanti petugas kami akan segera membantu dengan mendatangi saudara, yang menemukan barang milik orang lain yang tertinggal,” kata Roberto pada kegiatan ‘Jumat Curhat’ di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (19/7/2024).
Menurut Roberto, untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan pihaknya telah menyediakan hotline 110 dan nomor Whatsapp 08119909110 yang terhubung ke Command Center Polresta Bandara Soetta.
“Petugas kami sudah mensosialisasikan nomor telepon tersebut kepada masyarakat, baik melalui giat patroli maupun sambang kamtibmas,” ujar Roberto didampingi wakilnya AKBP Ronald Sipayung dan para pejabat utama Polresta Bandara Soetta.
Terkait pembuatan SKCK, menurut Roberto, saat ini masyarakat sudah dipermudah yakni dengan menggunakan Aplikasi Polri Super APP yang melayani warga di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya meliputi Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek).
“Untuk masyarakat yang berdomisili di luar daerah dapat melampirkan Surat Keterangan dari RT setempat,” terang Roberto.
Roberto menambahkan, untuk di wilayah Bandara Soetta pihaknya juga telah mempermudah pembuatan SKCK baik secara online maupun langsung melalui Program JEMPOL SIJARI (Jemput Bola Jadi Sehari).
Menurut dia, petugas akan mendatangi masyarakat yang hendak membuat SKCK dengan sistem mobile/keliling di area perkantoran Bandara Soetta, progam itu untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan.
Selain itu, Polresta Bandara Soetta juga telah membuat terobosan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yaitu melalui program sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) booth secara mobile.
“Masyarakat dapat memperoleh pelayanan dalam pembuatan laporan kehilangan dokumen, laporan tindak pidana, konsultasi hukum, pembuatan SKCK serta pelayanan kesehatan gratis,” tutur Roberto. (Rmt)
