Bandara
Catat! Ada Operasi Zebra di Kawasan Bandara Soetta, ini Pelanggaran yang Jadi Target Polisi
Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menggelar Operasi Zebra Jaya 2024 selama 14 hari kedepan atau mulai 14 – 27 Oktober 2024 mendatang.
Operasi ini diawali dengan apel gelar pasukan yang melibatkan personel gabungan TNI-Polri, Angkasa Pura Indonesia di Lapangan Apel Mapolresta Bandara Soetta, Tangerang, Selasa, 15 Oktober 2024.
Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Ronald Sipayung mengatakan, Operasi Zebra Jaya 2024 bertujuan untuk
meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan.
Selain itu, operasi ini dilaksanakan guna mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.
“Untuk itu laksanakan operasi ini dengan sungguh-sungguh, sehingga apa yang menjadi tujuan operasi ini dapat tercapai,” ujar Ronald dalam apel pasukan tersebut.
Menurut Robald, melalui Operasi Zebra Jaya 2024 diharapkan dapat menjadi momentum strategis untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.
Teguran simpatik kepada pelanggar lalu lintas juga merupakan salah satu bagian dari Operasi Zebra Jaya tahun 2024 ini.
“Peringatan dan arahan harus dilakukan secara humanis, sehingga diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kepatuhan dan disiplin dalam berlalu-lintas,” jelasnya.
Ronald menjelaskan, operasi Zebra Jaya 2024 memiliki sasaran dan target di antaranya, seperti penggunaan helm yang tidak sesuai standar, melebihi batas kecepatan berkendara.
Kemudian, penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur dan pengaruh alkohol. Selain itu, kendaraan yang tidak memenuhi standar kelayakan juga menjadi target dalam operasi ini.
“Operasi ini dilaksanakan di berbagai titik rawan kemacetan lalu lintas. Untuk mencapai sasaran dan target, petugas harus bertindak humanis dan mengedepankan pendekatan preemtif serta preventif,” kata Ronald.
Ronald menjelaskan, sebagai garda terdepan dalam keamanan dan ketertiban lalu lintas, setiap tindakan petugas pada operasi tersebut akan sangat berdampak pada kenyamanan masyarakat.
“Oleh karena itu, saya mengajak setiap personel untuk menghilangkan rasa lelah, bosan, serta mengedepankan semangat pelayanan optimal,” ujar Ronald.
“Ingatlah, setiap langkah yang kita ambil, sekecil apapun itu, akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dan keselamatan masyarakat,” tuturnya. (Rmt)
