Beranda Bandara Bandara Soetta Catat Peningkatan Penumpang Selama Libur Nataru, Sekarpura Optimalkan Operasional di...

Bandara Soetta Catat Peningkatan Penumpang Selama Libur Nataru, Sekarpura Optimalkan Operasional di Puncak Arus Balik

0
Area check-in Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mencatat peningkatan positif selama liburan Natal dan Tahun Baru 2024-2025.

Diperkirakan, lonjakan jumlah penumpang akan berlanjut mulai hari ini hingga Minggu (5/1/2025), dengan peningkatan kedatangan penumpang yang signifikan.

Data angkutan udara dari 18 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025 menunjukkan total pergerakan penumpang mencapai 2.646.276 orang, meningkat 8,15 persen dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, jumlah penerbangan juga mengalami kenaikan, dengan total 17.521 penerbangan, meningkat 5,63 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Peningkatan ini didorong oleh kebijakan pengurangan Passenger Service Charge (PSC) yang diterapkan oleh Bandara Soekarno-Hatta selama periode liburan.

Kebijakan ini merupakan dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan mobilitas masyarakat melalui transportasi udara selama masa libur panjang.

Asst. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, menjelaskan bahwa lonjakan pergerakan ini merupakan tren positif yang mencerminkan meningkatnya aktivitas transportasi udara di Indonesia.

“Kami memprediksi pergerakan penumpang akan terus meningkat hingga 5 Januari 2025, khususnya di terminal penerbangan domestik yang menjadi pusat arus balik tahun ini,” kata Holik, Jum’at (3/1/2025).

Keberhasilan dalam mengelola lonjakan ini lanjut Holik, tidak terlepas dari kontribusi seluruh elemen operasional bandara.

“Kami sangat mengapresiasi peran semua pihak yang turut mendukung kelancaran, termasuk serikat karyawan yang terlibat aktif dalam memastikan pelayanan tetap optimal di tengah tingginya arus balik,” jelasnya.

SEKARPURA

Manajemen Bandara Soekarno-Hatta juga bekerja sama dengan Serikat Karyawan PT Angkasa Pura Indonesia (Sekarpura) dalam menyukseskan kelancaran operasional.

“Kami bangga dapat berkontribusi dalam mendukung kelancaran operasional di periode Nataru tahun ini,” kata Ganeca Wisnu Anggoro selaku Ketua DPC Sekarpura Bandara Soekarno-Hatta.

“Kolaborasi antara Sekarpura dan manajemen menjadi wujud nyata komitmen bersama untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa,” tambahnya.

Sekadar diketahui, sebanyak 39 pengurus Sekarpura DPC Bandara Soekarno-Hatta berperan aktif dalam mengatur ketersediaan troli di area check-in, merapikan conveyor bagasi, serta membantu mengelola alur penumpang di terminal.

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara manajemen dan serikat karyawan, sehingga menciptakan operasional bandara yang lebih efisien dan memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman bagi para penumpang. (Rmt)