PT Sarinah, InJourney Retail, secara resmi meluncurkan Sarinah Store di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, pada Senin, 10 Maret 2025.
Sarinah Store terletak di Paviliun Indonesia, tepat setelah melewati Security Check Point (SCP) 2 Terminal 3 Keberangkatan Domestik.
Sejak kehadirannya di Terminal 3 pada tahun 2016, Sarinah telah bertransformasi menjadi etalase utama bagi produk lokal serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di salah satu gerbang internasional Indonesia.
Dengan luas total 290 m², gerai ini menyediakan ruang bagi lebih dari 60 UMKM dan merek lokal untuk memperkenalkan dan memasarkan produk mereka kepada wisatawan domestik dan internasional.
Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, menyatakan bahwa kehadiran gerai ini semakin memperkuat peran Sarinah sebagai jembatan bagi UMKM untuk menampilkan produk lokal berkualitas di pasar global.
“Jadi memang ini sudah menjadi strategi dan role model besar Sarinah ke depan untuk fokus di core business yaitu retail,” ungkap Fetty.

Fetty menambahkan bahwa Sarinah berfungsi sebagai wadah untuk mempromosikan, mendorong, dan mengangkat UMKM yang siap tampil.
Lebih dari sekadar tempat berbelanja, Sarinah Terminal 3 diharapkan menjadi bagian dari pengalaman menyenangkan bagi para penumpang.
“Kita wadahi dan kita berikan akses pemasaran sebesar-besarnya dengan kolaborasi di bawah Injourney Group, di bawah kementerian BUMN, bahkan kementerian lain,” jelasnya.
“Ini memungkinkan Sarinah terus mengembangkan bisnis ritel sehingga menciptakan ekosistem ritel untuk UMKM di pasar domestik dan internasional,” tambahnya.
Mengusung konsep curated premium store, Sarinah Soekarno-Hatta Terminal 3 menampilkan produk-produk unggulan seperti fesyen, wastra, aksesori, tas, kosmetik, hand craft dan fragrance.

InJourney
Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM dan Digital InJourney, Herdy Harman, menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong dan memperkenalkan UMKM Indonesia ke dunia melalui Sarinah.
“Sarinah sebagai bagian dari InJourney Group menjadi jembatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produk lokal ke pasar global,” ujarnya.
“Kolaborasi dengan InJourney Airports sebagai pengelola bandar udara di Indonesia merupakan sinergi yang baik untuk memperkenalkan UMKM di gerbang udara utama Indonesia,” tambah Herdy.
InJourney Airports
Sementara itu, Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi, menekankan bahwa grand opening Sarinah Store di Terminal 3 merupakan langkah penting dalam proses transformasi Bandara Soekarno-Hatta sebagai wajah kebanggaan bangsa.
“Kami sangat terkesan dengan kehadiran Sarinah Store di Terminal 3 sebagai showcase produk-produk unggulan dalam negeri untuk semakin memperkuat nuansa Indonesia di bandara, dan menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai wajah kebanggaan bangsa,” tuturnya. (Rmt)