Home Berita Abon Medales16 Inovasi Aneka Citarasa

Abon Medales16 Inovasi Aneka Citarasa

0

Kusni (49), pencetus abon dengan merek Medales16 berhasil membuat terobosan dalam mengembangkan produk aneka abon.

Produk abon keluaran Mendales16 ada berbagai varian seperti abon lele, belut, tuna, ayam, sampai abon jamur yang terbaru berhasil dikreasikan lewat ide inovatifnya.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2012 itu membuahkan hasil. Berkat kesabaran dan kerja kerasn Kusni bersama keluarga, abon Medales16 berhasil memasarkan produknya sampai ke beberapa daerah di luar pulau Jawa.

“Alhamdulillah, berkat bantuan teman-teman mitra UKM Jakarta dan Banten, produk saya sudah tembus sampai Bali, Sorong (Papua), dan Kalimantan, ” ungkapnya bangga kepada tangerangonline.id di rumahnya, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (3/03/2016).

Ia mengungkapkan, metode pemasarannya, selain mengikuti pameran produk UKM (Usaha Kecil Menengah), pemasaran juga dilakukan dengan cara online.

“Kita pemasarannya by online, lewat sosial media, habis sayang kalau kemajuan teknologi tidak kita manfaatkan, kadang juga ikut pameran produk UKM” ungkap pengusaha yang juga tergabung dalam Gumkemindo Banten.

Kusni juga mengatakan, omzet yang didapat dalam sebulan mencapai belasan juta rupiah. “Bulan kemarin (Februari, red) saja tercatat hampir 11 juta, ” katanya.

Ibu empat anak ini juga tidak segan untuk membagi tips dan resep rahasia olahan abon kepada siapa saja yang ingin belajar berwirausaha.

“Saya selalu kasih pengalaman kepada siapa pun yang mau berwirausaha, bahkan resep abon saya pun bagi yang mau belajar saya kasih, tanpa saya tutup-tutupi satu pun bahan resepnya, ” tegasnya.

Ia juga berpesan bagi pengusaha kecil yang sudah mempunyai produk sendiri. Hendaknya segera mendaftarkan merek dagang, sertifikasi halal dan hak paten.

“Segera daftarkan merek dagang, hak paten, sertifikasi halal dan legalitas lainnya, agar produk yang kita ciptakan mampu bersaing,” pesannya sekaligus menutup pembicaraan. (Bar)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here