Home Berita Tugu TMP Taruna Jadi Titik Penting Sejarah Kota Tangerang

Tugu TMP Taruna Jadi Titik Penting Sejarah Kota Tangerang

0
SHARE

Bila melewati Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang akan melihat taman yang menarik perhatian. Ada sebuah Tugu Pahlawan berdiri tegak tepat di depan makam pahlawan di Kota Tangerang. 

Kenapa tugu pahlawan Taruna dibangun depan makam Pahlawan? Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan, pembangunan Tugu Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang adalah penghormatan sebuah sejarah Kota Tangerang.

Dengan keberadaan itu agar masyarakat yang lewat di Jalan Taman Makam Pahlawan dapat mengetahui titik tersebut Pahlawan Taruna.

Ide dirikannya membangun tugu pahlawan di Kota Tangerang, karena menurut informasi yang ada, makam pahlawan Taruna hanya satu-satunya ada di Tangerang. Sehingga sangat perlu ditumbuh kembangkan menjadi objek wisata sejarah.

“Tugu pahlawan Taruna ini juga, agar masyarakat Kota Tangerang mengingat peristiwa Lengkong Wetan,” kata Arief menceritakan kepada wartawan tangerangonline.id, Senin (7/3/2016).

Walikota muda ini menceritakan sedikit sejarah Lengkong Wetan pada peristiwa heroik terjadi 25 Januari 1946 di desa Lengkong Wetan. Pengorbanan tanpa pamrih para Taruna ini dibawah pimpinan Mayor Daan Mogot dalam melaksanakan tugas pelucutan senjata tentara Jepang yang berada di desa Lengkong.

“Sehingga perjuangan para pahlawan Taruna perlu kita kenang, dimana para pahlawan berhasil memukul mundur penjajajah Jepang pada waktu itu,” terangnya.

Menurut Arief, atas perjuangan para pahlawan Taruna pimpinan Mayor Daan Mogot perlu dijadikan sejarah Kota Tangerang, jadi kita dirikan Tugu Pahlawan Taruna di makam pahlawan tepatnya di Jalan Daan Mogot,” tandasnya. (ES)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here