Home Berita Pondok Kacang Dikenal Lahannya Subur Tanam Kacang-Kacangan

Pondok Kacang Dikenal Lahannya Subur Tanam Kacang-Kacangan

0

Pondok Kacang merupakan salah satu nama wilayah yang terdapat di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Wilayah yang diberi nama Pondok Kacang ini dahulunya termasyhur dikarenakan banyak penduduknya berladang tanaman kacang.

Kasi Pelayanan Umum Kelurahan Pondok Kacang Timur, Masbulloh menceritakan, dahulunya sangat banyak sekali tanaman kacang sehingga orang dulu sering sebut wilayah itu pondok kacang.

Uniknya juga kacang yang ditanam juga berbagai jenis kacang- kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, kacang panjang, dan lain-lain.

“Jaman dulu kacang yang ditanam itu adalah seluruh jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang kedelai, dan lainnya tapi paling banyak yang ditanam adalah kacang tanah dan kacang yang dibawa buat sayuran gitu kaya kacang panjang,” ujar Masbulloh kepada tangerangonline.id di kantor kelurahan.

Sejak 1940, tanaman kacang sudah menjadi ciri khas karena tanah diwilayah tersebut merupakan tanah yang subur untuk menanam kacang-kacangan, makanya warganya banyak yang menanam kacang di kebun mereka. Tidak hanya warga, dari luar wilayah juga ada yang datang untuk menanam kacang.

Tidak hanya kacang, kadang sayur-sayuran juga ditanam wilayah tersebut, tapi sayur-sayuran hanya dijadikan sebagai selingan lantaran menanam kacang membutuhkan waktu sampai 3 bulan. Jadi orang dulu memanfaatkan waktu jeda tersebut dengan menanam sayuran, karena sayuran hanya membutuhkan waktu 21 hari.

Sekarang di Pondok Kacang sudah tidak terlihat lagi orang menanam kacang, karena lahannya sudah dipenuhi dengan bangunan-bangunan. “Iya kalo sekarang mah udah jarang, bukan nanam kacang lagi, sudah jadi rumah, kebun kacangnya sudah tidak ada,” ucap Masbulloh.

Wilayah Pondok Kacang ini termasuk wilayah yang sangat luas sehingga di tahun 1980 wilayah tersebut dibagi menjadi 2, Pondok Kacang Timur dan Pondok Kacang Barat. Sedangkan Pondok Kacang Timur sendiri merupakan wilayah terpadat nomor 2 setelah Pondok Betung yaitu dengan sebanyak 13 RW, 111 RT, dan 9000 Kepala Keluarga. (Tan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here