Home Home Kiat Pilih Kampus Sesuai Jati Diri

Kiat Pilih Kampus Sesuai Jati Diri

0

Tahun ajaran baru hampir tiba dan pengumuman hasil UN (ujian nasional) sebentar lagi, pasti banyak dari para siswa bingung untuk mencari perguruan tinggi yang terbaik dan jurusan yang paling mewakili kemampuan diri sendiri.

Pemilihan jurusan harus dipertimbangkan sematang-matangnya, karena jika salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi siswa di masa depan.

Berikut adalah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang baik untuk para siswa:

1. Menyesuaikan cita-cita, minat dan bakat

Setiap orang pasti memiliki cita-citanya tersendiri, oleh karena itu carilah jurusan yang dapat membawa anda menuju profesi atau pekerjaan sesuai keinginan dan kemampuan anda. Janganlah sampai salah memilih jurusan seperti contohnya anda memilih jurusan akuntansi namun anda mendambakan menjadi seorang peneliti kelautan. Jadi segala sesuatunya perlu dipikirkan matang-matang, jangan sampai anda salah jurusan karena selain menyia-nyiakan waktu, anda juga membuang uang percuma karena memang tidak sesuai yang anda harapkan.

2. Menghimpun Informasi

Carilah informasi sebanyak mungkin sebagai bahan anda untuk mempertimbangkan pilihan jurusan yang terbaik untuk anda. Carilah informasi dari banyak sumber seperti orangtua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, buku, internet dan lain sebagainya. Namun ingat janganlah mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai atau bahkan hanya ikut-ikutan teman saja.

3. Lokasi dan Biaya

Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki kehidupan ekonomi menengah keatas,memilih jurusan tentunya bukan menjadi masalah. Tanggungan biaya tentunya tidak menjadi masalah baik dari pengeluaran studi, lokasi tempat tinggal dan lain sebagainya. Namun bagi masyarakat yang kemampuan ekonominya menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. Jika dana yang anda miliki hanya terbatas maka usahakanlah memilih lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau bahkan lokasi luar kota yang memiliki tanggungan hidup yang rendah. Jangan lupa pilihlah tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu tinggi. Jika memang dana yang anda punya belum mencukupi, carilah beasiswa,pekerjaan paruh waktu atau sponsor. Ingat uang bukanlah penghambat masa depan anda.

4. Karir dan Pekerjaan

Perhatikan jurusan yang diambil, apakah nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja. (Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here