Home Berita Disdukcapil Kabupaten Tangerang Berlakukan Urus Kartu Keluarga Sehari Jadi

Disdukcapil Kabupaten Tangerang Berlakukan Urus Kartu Keluarga Sehari Jadi

37
SHARE

Semenjak tanggal 1 Juni 2016, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang memberlakukan program urus Kartu Keluarga (KK) satu hari jadi.

Program tersebut seiring Surat Edaran Kemendagri tentang percepatan pengurusan KTP Elektronik satu hari jadi. “Semenjak tanggal 1 Juni 2016 kemarin antrian warga yang ingin mengurus KTP dan KK satu hari jadi ini bertambah volumenya hingga 30 persen,” tutur Dedeh, Kabid Pendaftaran Penduduk.

Disdukcapil pun mencari solusi untuk menanggulangi meningkatnya volume antrian warga yang ingin mengurus KTP Elektronik dan KK sehari jadi, salah satu caranya dengan sistem berbagi tugas dan sistem Reguler. “Pemohon bersangkutan langsung mengurus sendiri,” ungkap Dedeh, Kamis (16/6/2016).

Sistem Reguler, menurut Dedeh, bagi masyarakat yang berada di kecamatan jauh dari Puspemkab Tangerang, seperti Kecamatan Mauk, Kecamatan Kresek dan yang lainnya ditanggulangi oleh pihak kecamatan setempat. “Bagi para masyarakat yang ingin membuat KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK) bisa menaruh datanya di Kecamatan setempat, lalu pihak Kecamatan yang langsung mengantar ke Disdukcapil,” ujarnya.

Sistem jemput bola tersebut diberlakukan untuk mengurangi maraknya calo yang semakin bertambah. “Jadi bagi warga yang langsung mengurus KK sendiri diwajibkan hanya boleh mengurus satu KK dalam satu hari,” terang Dedeh.

Dengan program tersebut, kini pihaknya bisa melayani sebanyak 250 KK sampai 300 KK per harinya. (Yan)

 

37 COMMENTS

  1. Mana?? Katanya kalo urus sendiri 1 hari jadi?! Ini 5 hari men!! Suruh mundur aja itu Kadis-nya! Ga mampu pimpin dinas! Bikin malu bangsa aja

    • ahh teori/omong kosong lha saya ngurus sendiri ktp anak saya tgl.27 juni 2016 di jajnjikan september 2016 suruh diambil tapi apa bener sih saya kok meragukan. karena saya pernah urus ktp punya keponakan 5 mei 2015 tiap bulan menanyakan belum jadi dan akhirnya 2 mei 2016 baru jadi. itupun di kecamatan dibikinkan pengantar untuk ke disdukcapil kab. tangerang bayar 15.000,- padahal di perubahan undang-undang kependudukan penerbitan data kependudukan GRATIS biaya apapun.

      • Pastìin gan udh update di sistem mreka jangan formalitas update dikertas..gegara update dikertas doang tp ga update di sistem bolak balik sy ngurusnya…

  2. omong kosong. KK bolak-balik 3 kali salah melulu. sekali balik 3 bulan karena dianggap bikin baru. yg entry data kalau enggak kucing ya kambing. bodoh bener petugasnya. hampir setahun gak kelar2… heran makhluk sebodoh itu bisa dikasih tugas administrasi data penduduk… kacau…

  3. Tgl 26 mei 2016. Saya dan istri ke kec.curug berniat untuk membuat KTP dan KK,tapi sampai sekarang lebih dari 20kali ke kec.curug setiap pegawai tidak ada yang perduli atas keluhan saya.4 bln lamanya ktp pun belum beres juga,pajak kendaraan pun akhirnya mati,akta anak tidak jadi juga.akibat ktp yg tak kunjung beres.kecewa..!!!(bohong semua)

  4. Saya membuat ktp di kec cisauk, yg prosesnya katanya perkiraan lebih satu bulan karena diproses di kecamatan kalau mau cepat hrs langsung ke disdukcapil di tigaraksa. Karena saya karyawan utk urusnya hrs ijin kantor tempat saya kerja maka tidak keberatan karena masih pegang ktp lama. Namun ketika ktp lama hrs ditarik pada saat mengajukan pembuatan e_ktp berarti selama proses selesainya ktp warga tersebut tidak pegang ktp, bgmn kl ada keperluan yg memerlukan ktp selama ktp belum selesai. Info nya bahwa itu adalah kebijakan kepala disdukcapil . Pak kadis kiranya kebijakan nya perlu ditinjau kembali, ktp diserahkan setelah ektp selesai pd saat pengambilan. Tks

  5. Saya masih pegang ktp biasa berniat untuk membuat e ktp.
    Saya ke kantor desa talaga diminta 200 ribu. Saya bilang mau urus sendiri lalu saya bayar 20 rb untuk surat pengantar ke kecamatan cikupa.
    Di kecamatan cikupa saya mau rekam data diminta 200 rb alasannya blanko kosong.
    Bagaimana cara melaporkan praktek korupsi seperti ini?

  6. Urus sendiri di persulit
    Urus ke kecamatan di persulit
    Ktp dan kk msh bernominal
    Alasan uang bensin dan bervariasi
    Urus kk 100rb dan itupun nunggu berbln2
    Kecamatan mekar baru tanggerang
    Pelayanan dan tata cara pegawainya pun seperti di diskotik dng karokean

  7. Katanya satu hari jadi… gak jelas…
    Saya warga pindahan mau ngurus kk baru n dapat ktp baru aja ribet nya ampun… dr bln 5 smp skrg gk siap jg… pdhl uang udh 450rb di serahkan… alasan nya blanko gk adA…
    KAB.tangerang kel.pakuhaji kec.pakuhaji byk gk jlsnya asik uang aja…
    Tolong napa Disdukcapil diberantas org2 yg asik uang aj tp kerjaan nya gk jls…pecat aj org2 kyk gitu

  8. bpk ibu disdukcapil yth: gimana ini kinerja kerjanya? masa bikin kk bareng-bareng 7 kk,yang jadi cuma 6kk pengambilannya sih dikecamatan! terus yg 1kk lg kemana dan dimana? dicari-cari entah dimana adanya.

  9. Saudara saya dr bulan 7 ampheee skg gk jadee……katanys blanko nya …. kok bisa ya untuk wni kehabisan untuk ilegal warga cina terlaksana….hadughhhhhhh….

  10. Kepada Yth,

    Bapak/Ibu Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang

    Dengan hormat,

    Mohon informasinya:

    1. Saya dan suami sudah pernah mempunyai e-KTP kota tangerang, kemudian kami pindah rumah ke
    kabupaten Tangerang dan mengurus perubahan alamat dan mendapat KTP kabupaten Tangerang
    tetapi masih dengan blangko KTP lama belum e-KTP. Kami ingin mengurus e-KTP tetapi informasinya
    blangko sedang kosong dan diminta membayar 300.000.
    Kapan kami bisa mendapatkan e-KTP karena katanya kami tidak pernah foto kembali karena rekaman
    sudah ada tinggal cetak ulang.

    2. Anak saya sudah berusia 17 tahun mau membuat e-KTP bagaimana caranya supaya tidak
    membutuhkan waktu lama karena sedang belajar di pesantren?

    Terima kasih.

  11. Kalo rekruit formalitas kalian aja persulit tpi kerjaan kalian..ga sebanding sm pendidikan..udh bikin nya lama pake duit sgala..
    Ga update disistem..di cek dr no Kk kok masih data lama..pdahal kan KK sy udh update baru..smpe sya marah2 sm orng bpjs..gara2 data ga update doang tolong dong klo krja jgan mpe 2x..kalian itu benr2 yaa..

  12. URUS EKTP JUNI 2016 disuruh kembali lagi JUNI 2017 ???

    Apa selama itu pembuatan ktp di kab tangerang???

    Apa selama itu blanco ektp kosong??

    Kenapa berbeda sekali dengan PELAYANAN di DKI JAKARTA????

  13. Saya dari kec.sukamulya. masa iya saya kn mau perpanjang kk tapi nunggu lama, trus cuman di kasih print ny aja. Dia bilang saya habis dri 3 raksa bikin itu print, tpi stlah saya teliti , itu d cetak sndiri .dri jamnya jg sangat tdk masuk akal.
    Ditambah lagi nama Ade saya kurang satu, mlah di bilang bukannya udh misah bikang kmaren, kta petugas kec.,, Trus saya nanya trus gmna ini, masa iya krtas print 1 lmbar sharga 45ribu trus data2nya kna pirus ktanya dipinta lagi uang sma dia..
    Sbnrnya mereka bisa kerja nggk sih udh mah org ggk punya tapi d persulit duit udh tpi hasil omongnya yg gede,,
    Bobroknya bangsa karena petugas seperti ini nih tidak tau mana yg kesusahan mana yg berduit.

  14. BOHONG BANGET!

    pegawai capil begini masih di pelihara negara?! luar biasa. jika di swasta, mereka udah kena SP 3.

    MANA REFORMASI BIROKRASI… dibayar pakai pajak rakyat dgn upah yg tinggi, tapi nda di imbangi dgn pelayanan yg CEPAT dan TANGGAP.

    Sangat Memalukan kinerjanya

  15. Mungkin judulnya ditambahkan dengan “Harapan” krn kenyataan di lapangan tdk sesuai. Mohon dipertimbangkan juga masyarakat yg mengurus itu jg punya pekerjaan dan jika bolak balik tdk sesuai dengan janji hari yg ditetapkan memerlukan ongkos yg tdk sedikit, krn rumah jauh dr kantor dinas catatan sipil di tigaraksa. Mohon juga yg diberikan amanah pekerjaan orang yg kompeten dan bertanggung jawab, di ukur juga sehari brp nomor antrian yg mampu dilayani, jgn orang sudah nunggu dr pagi sampai sore, tiba2 disuruh pulang krn sudah selesai. Terimakasih

  16. tangerang online ini sepertinya cuma lempar bola panas doang….
    dari sekian banyak keluhan tidak ada yg tembus ke dinas terkait….
    beritanya boleh dibilang tidak falid dan asal asalan

  17. Teryata untuk bikin ektp di kabupaten tangerang,kec pasar kemis.itu harus bawa surat pengantar rt,rw,kelurahan setelah itu di bawa ke kantor kecamatan ( untuk dapet surat pengantar ).
    Jd yang di sebut buat ektp cukup bawa kk + ktp lama itu cuma isapan jempol (pencitraan ).
    Saya punya kk yg sudah di tanda tangani kantor dinas.terpaksa harus kembali lg untuk minta surat pengantar rt,rw,kelurahan.jadi korban info kebohongan propaganda,pencitraan.

  18. ngurus pindahan kk dan ktp dri pekalongan ketangerang tepatnya dijl marsekal surya darma baru selapajang jaya udah 3 bulan gak jadi2, mana rtnya jg mata duitan

  19. Info donk
    Buat akte 1 kepala di kenakan 200.000 bner gak sih
    Dan jika 1 keluarga belum ada akte harus buat smua nya
    Tdk boleh salh 1 aja ????

  20. Misi mw nanya donk….kan saya mw bkin KTP trs kta pihak kecamatan ktanya kk nya ini mahh blm online .mw nanya cara memperbarui kartu kluarga apa persuaratan nya yahhh

    • Klu liat keluhan diatas,byk org yg bikin kk & e-ktp susah buatnya dan lama jadinya…saya jadi ragu buat kk tangerang,pa saya harus pindah lagi ke’jakarta…bagaimana solusinya terimakasih.

  21. Beginilah potret realitanya, perlu ada tindakan dari kita selaku rakyat untuk menghapuskan kerakusan para sipil2 yang memeras kita.
    gimana mau maju gimana mau berkah kota tangerang jika setiap pelayanan selalu memeras rakyat. Pengalaman nya saya ngurus Pindahan KTP dan status dimintakan uang 600 ribu, sungguh luar binasa.

  22. Saya sudah ada resi ktp-el yaitu surat keterangan bhw sy sdh melakukan perekaman ktp-el dari dinas dukcapil kab tangerang, sekrg ini sy mau tukarkan resi tsb dg ktp-el.. Apakah bisa sy urus lgsg ke kntor dukcapil tiga raksa? Apakah memang blanko sdh tersedia, dan bisa lgsg jadi.. Krn lokasi yang jauh, jd sy brharap dpt info yg akurat..trmksh utk reply nya..

  23. wah kabupaten tangerang ini kalah sama yang lain. dari tahun kemaren buat e-ktp..blangko habis melulu. pergi ke kecamatan…dianjurkan langsung ke tigaraksa, weduh jauhnya.
    teknologi juga kalah dengan kota/kabupaten yang lain, bisa cek NIK tu …harus dicontoh.
    masih berharap kepengurusan kabupaten tangerang bisa maju

  24. Mohon info ya ,
    Ktp saya sebelumnya hilang , lalu sudah urus dan di proses di kantor kecamatan setempat tp sudah 1 tahun terbit belum jadi , klo ngurus di disdukcapil apa proses ya sama saja

  25. Kinerja pemerintahan kabupaten Tangerang belum bisa banyak diharapkan oleh masyarakat terlebih diurusan administrasi kependudukan. Bupatinya siapapun itu harus turun tangan, melihat realita yang ada dan dibenahi birokrasinya.
    Staf-nya baik di kecamatan ataupun disdukcapil pada kurang cakap, aturan dan birokrasi yang mbulet.
    “Maling-maling dan tikus-tikus” yang tidak berguna dan berkinerja baik, sebaiknya dibebas tugaskan, masih banyak putra-putri bangsa yang bisa bekerja untuk negara. Apakah tidak malu makan dari uang rakyat namun tidak memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat. ini masukan dan curhat rakyat ke pemimpin, maka pemimpin harus memperhatikan keluhan rakyat, dan berupaya memperbaiki layanan kebawahnya, jika tidak maka tidak ada gunanya berurusan serta berbisnis dengan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here