Home Berita Kademangan di Tangsel Berasal dari Daerah Kekuasaan Demang

Kademangan di Tangsel Berasal dari Daerah Kekuasaan Demang

0

Kademangan, yang menjadi salah satu nama kelurahan di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menyimpan jejak cerita tentang sebuah kekuasaan seorang Demang atau 
penguasa lokal era kolonial. Kisah Demang itu yang melatarbelakangi awal-mula nama Kademangan saat ini.

Seperti dikatakan H. Saleh, tokoh masyarakat yang tinggal di RT 01 RW 02 Kademangan kepada TangerangOnline.ID, Minggu (17/07/2016).

Menurutnya dahulu terdapat Demang yang ditugaskan membantu pembangunan bagi di wilayah tersebut pada era kolonial Belanda. “Ada Demang yang tugasnya membuat pembangunan bagi warga, Demang itu kalau sekarang seperti kepala Desa atau kepala daerah yang punya tugas di masyarakat,” ucap kakek 16 cucu itu.

Ia juga menambahkan, Demang yang bertugas tersebut menjadi sentral yang melakukan pengaturan bagi beberapa daerah yang hingga wilayah Serpong. “Kesohor Demang itu yang hingga kini menjadi awal nama Kademangan (pusat kekuasaan Demang),” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan Ardani, lelaki paruh baya yang mengetahui historis atas berkuasanya seorang Demang dari tetua keluarga besarnya. Dikatakannya Demang tersebut dahulu seperti diceritakan para orang tua bertugas membuat jalan kampung dan tanggul sungai.

“Sayangnya nama Demang itu kita gak tau dan Demang itu berasal dari mana serta silsilahnya,” ujarnya. (Bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here