Home Berita Asosiasi PKL Kerjasama Bank Artha Graha Salurkan KTA kepada PKL Tangsel

Asosiasi PKL Kerjasama Bank Artha Graha Salurkan KTA kepada PKL Tangsel

0

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan Bank Artha Graha memberikan pinjaman dana berupa kredit tanpa anggunan (KTA) ke pedagang kaki lima (PKL) di Tangsel.

Sebagai tulang punggung ekonomi bangsa, peminjaman modal tersebut bertujuan agar modal dan daya saing usaha anggota terdongkrak.

“Sudah saatnya PKL diberi kesempatan akses kredit modal usaha. Sebagai tulang punggung ekonomi bangsa,” ungkap Ketua DPD APKLI Tangerang Selatan Desman Ariando, Jumat (12/8/2016).

Diakuinya, sulitnya akses peminjaman modal usaha kerap kali menjadi penghambat kemajuan dalam usaha masyarakat yang terbilang golongan menengah ke bawah.

“Akibat kebijakan diskriminatif pemerintah. Dengan dalih unbankable, unreliable, tak miliki agunan kredit dan hambatan administrasi PKL selalu dipersulit mengakses kredit modal usaha. Kenyataan ini harus diakhiri dengan mencari pihak ketiga sebagai bapak asuh agar permasalahan ini dapat diakhiri,” terang Desman.

KTA bagi PKL ini akan menggunakan modifikasi Grameen Bank dan akan dilakukan dengan  pola selected dan tanggung renteng, berbasis komunitas (paguyuban) dan pendampingan. Langkah ini adalah keharusan dalam upaya dongkrak akses modal dan daya saing usaha PKL ditengah dahsyatnya arus ekonomi kapitalis

Perwakilan Bank Artha Graha, Anna Veronika menerangkan bahwa Bank Artha Graha merupakan salah satu Bank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan program kredit usaha rakyat (KUR). Diharapkan kerjasama dengan APKLI ini dapat lebih mendorong para pelaku usaha mikro perkotaan di Indonesia, khususnya di Tangerang Selatan lebih maju dan dapat bersaing dengan ritel modern.

“Kerjasama ini semoga dapat membantu mempermudah akses usaha para PKL di Tangsel, terlebih ke depan PKL sudah dapat berkembang lebih maju,” ungkap Anna.

Menyambut kerjasama ini DPD APKLI Tangsel akan memperkuat barisan dengan melakukan pendampingan dan sosialisasi kepada paguyuban-paguyuban PKL di Tangerang selatan. Diharapkan akses perbankan yang akan dijalankan ini akan dapat diakses lebih dari 1000 PKL sampai ada akhir tahun 2016. (Rls/Abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here