Home Berita Kemendag Dorong UMKM Tangsel Bermitra Toko Modern

Kemendag Dorong UMKM Tangsel Bermitra Toko Modern

0

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag) melalui Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri (PDN) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bermitra dengan Ritel atau toko modern. Demikian diketahui saat acara Temu Usaha UMKM dengan Ritel atau Toko Modern di Hotel Grand Zury BSD, Tangsel, Selasa (29/11).

Ditjen PDN, Noviani Vrisvintati mengatakan program dari direktorat terkait produk pemasaran ini, sesuai dengan Permendag Nomor 70 tahun 2013 tentang Pembinaan Kepada Toko Modern dan Pusat Perbelanjaan. Pihaknya memberikan informasi dan edukasi kepada para IKM maupun UKM di Tangsel agar kedepan mereka memiliki kreatifitas, berdaya saing dan memiliki inovasi.

“Kedepan para usaha kecil ataupun menengah di Tangsel harus memiliki pemahaman dan berdaya saing. Jangan hanya menjadi ukm kecil terus menerus. Makanya di sini kami memfasilitasi untuk masuk ke dalam retail atau toko modern,” katanya.

Lanjut Novi, persyaratan untuk memajukan produknya tentunya dengan beberapa persyarakatan, seperti adanya PIRT, izin edar, kemasan yang berlebel, tanggal kadaluwarsa dan lainnya. Sementara untuk di Tangsel sendiri, dirinya memaparkan ada sekitar 20 persen produk IKM maupun UKM yang telah masuk kedalam Toko Modern.

“Presentasenya sekitar 20 persen produk yang telah masuk kedalam Toko Modern di wilayah Kota Tangsel. Namun secara keseluruhan, 80 persen atau 4320 UKM di Indonesia yang telah masuk kedalam Toko Modern. Untuk targetnya ada 6000 UKM yang harus masuk ke dalam retail pada tahun 2019,” ujarnya.

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhamad menambahkan, ada sebanyak 50 pelaku industri kecil ataupun menengah yang telah masuk kedalam Toko Modern di Tangsel dan diharapkan bisa serius dalam hal ini. Jika serius maka akan menghasilkan produk yang bagus.

“Produk yang bagus akan dipasarkan di Kementerian Perdagangan dan akan di bantu promosi. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini saya berharap bisa memberikan kesempatan dan manfaat bagi para pelaku industri dan usaha,” harapnya. (abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here