Home Berita KPK Paparkan LHKPN Pejabat Pemerintahan Tangsel

KPK Paparkan LHKPN Pejabat Pemerintahan Tangsel

0
SHARE

Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Banten mensosialisasikan tentang potensi korupsi dengan tema ‘Area Potensi Korupsi Di Pemerintahan’ kepada pemerintah legislatif dan eksekutif Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang dilaksanakan di lantai 4 Balai Kota Tangsel, Kamis (20/4/2017).

Kepala Satgas KPK Unit Korupsi Pencegahan, Asep Rohmat menunjukan bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pemerintah Kota Tangsel, Asep melaporkan bahwa dari 53 anggota Pemerintah Kota Tangsel hanya satu yang belum melapor (98.11% sudah lapor) dan untuk DPRD Kota Tangsel dari 50 anggota yang wajib lapor hanya dua yang sudah melapor (4.00%).

“Untuk Ringkasan pelaporan kekayaan penyelenggara negera Pemerintah Kota Tangsel silahkan dilihat di tabel, untuk pemerintah kota dari 53 anggota hanya satu yang belum melapor dan DPRD dari 50 anggota, yang melapor hanya dua anggota,” papar Asep.

Dalam acara yang dihadiri oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Ketua Komisi DPRD Tangsel, Asep menjelaskan tiga area potensi korupsi yaitu APBN/D dalam proses penyusunan alokasi, Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Pelayanan Publik-Perijinan. Dia mengupas tuntas kemungkinan dan unsur-unsur yang kerap terjadi perilaku korupsi di tiga area tersebut.

Walaupun begitu tambah Asep, persoalan pelaporan harta kekayaan tidak termasuk kedalam pelanggaran pidana untuk anggota yang belum melapor, hanya saja untuk masalah pelaporan harta kekayaan masuk kedalam pelanggaran perdata.

Sementar itu di tempat yang sama Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menyambut baik kedatangan KPK untuk sosialisasi tersebut, Airin berharap sosialisasi ini menjadi pendidikan bagi seluruh jajaran pemerintahan Kota Tangsel dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kita menjadi tahu area mana yang berpotensi terjadi pelanggaran KKN, dan akan menjadi proyeksi kinerja pemerintahan Kota Tangsel kedepan,” ungkap Airin. (Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here