Home Agenda Pemkab Bogor Gelar Peringatan Nuzulul Quran

Pemkab Bogor Gelar Peringatan Nuzulul Quran

0
SHARE

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan peringatan Nuzulul Quran 1438 H/2017 yang bertempat di Masjid Baitul Faidzin, Cibinong, Senin (12/6/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor, Hj Nurhayanti, jajaran Forkominda, para pejabat dari mulai esselon 2 sampai 4 dan para pelaksananya, tokoh agama dan juga tokoh masyarakat.

Menurut Bupati Bogor, Hj Nurhayanti peringatan Nuzulul Quran pada dasarnya merupakan momentum pengingat bagi umat islam merenungkan kembali, sejauh mana kita mampu mendekatkan diri dengan Al-Quran, membaca dan menghafalnya serta mengali nilai-nilainya untuk dijadikan pedoman utama dalam kehidupan sehari hari.

“Melalui upaya mengkaji kedekatan kita dengan kitabullah Al-Qur’anul Karim, kita berkesempatan mengalami kebangkitan spritual untuk senantiasa menjadikan Al- Qur’an sebagai referensi utama dalam menyikapi setiap tantangan kehidupan, sehingga secara keseluruhan insyaallah hidup kita akan selamat, maslahat dan bermanfaat bagi umat,” ujarnya.

Selain itu, menurut Nurhayanti dengan tema peringatan Nuzulul Quran yakni melalui hikmah Nuzulul Quran, kita jadikan Al-Quran sebagai petunjuk beragama dalam memperteguh pancasila sebagai ideologi berbangsa dan bernegara. Maka, apabila kita menjalankan kehidupan beragama yang sepenuhnya berlandasan Al-Quran, maka dengan sendirinya berarti mengamalkan sila-sila dalam pancasila, karena pancasila sesuai dengan syariat islam dan mengamalkan pancasila sama dengan mengamalkan sebagian syariat islam.

“Pancasila, sebagaimana syariat islam, mendorong kita taat beragama, senantiasa bertindak manusiawi dan beradab, memelihara hubungan baik dengan sesama, menjunjung tinggi musyawarah serta berlaku adil dalam setiap perkara. Nilai nilai ini bersifat universal dan bisa diamalkan oleh penganut agama apapun yang ada di Indonesia,” tambahnya.

Nurhayanti juga berharap peringatan Nuzulul Quran hendaknya kita maknai sebagai momentum untuk menguatkan kembali spirit jiwa umat islam, penyemangat dan pemersatu umat islam, bahwa Al-Quran merupakan pedoman dasar umat islam yang harus diamalkan secara kaffah dalam kehidupan sehari hari dan pancasila adalah benteng nilai kehidupan yang rukun, damai dan saling menghargai, dengan karakter berbangsa yang kuat dan teguh bersatu.

“Al-Quran juga menjadi kata kunci yang sangat penting dalam berkomunikasi dengan Allah Subhanahu Wata’ala, alam semesta dan sesama manusia serta menjadi sumber ketaqwaan dalam meraih kualitas spritual,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bogor menyerahkan bantuan kepada 1000 orang guru agama Islam non PNS dan non sertifikasi. (ald)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here