Home Berita Menhub Resmikan Gedung Operasional Lion Air Grup

Menhub Resmikan Gedung Operasional Lion Air Grup

0

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan kantor operasional Lion Air Group yang berlokasi di Jalan Marsekal Suryadharma, Selapajang, Neglasari, Kota Tangerang pada Jumat (21/07/2017). Lokasi gedung tersebut berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Peresmian 2 gedung berlantai 3 yang dinamakan Lion Air Group Operation Center (LOC) itu dilakukan dengan ditanda tanganinya prasasti oleh Menhub Budi Karya Sumadi.

Gedung yang dibangun kurang lebih selama 1,5 tahun dengan luas 30 ribu meter persegi itu berfungsi sebagai pusat managemen perawatan dan perbaikan untuk para teknisi dan enginer yang dinamakan gedung Biru.

Sedangkan tower berikutnya yaitu Gedung Merah merupakan pusat operasional penerbangan dari maskapai Lion Air Group yaitu Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Dimana gedung tersebut akan menjadi tempat perencanaan penerbangan Lion Air Group di Indonesia. Mulai dari persiapan pesawat, hingga pengecekan kesiapan kru yang akan melayani penumpang.

“Pengontrolan movement (pergerakan) ini harus teliti sekali. Oleh karenanya, selain mengapresiasi, saya juga minta kepada Lion Air Group melakukan suatu kontrol yang baik terhadap operasional dari Lion, karena mengoperasikan 1.300 movement dalam satu hari itu bukan pekerjaan mudah,” kata Menhub Budi Karya kepada wartawan.

Menhub mengatakan, dengan dibangunnya gedung LOC tersebut pelayanan dan keamanan akan lebih baik terlebih karena dunia penerbangan sangat ketat dengan regulasi atau syarat-syarat tertentu.

“Dunia aviasi ini sangat ketat dengan regulasi, sangat ketat dengan syarat-syarat tertentu. Dengan dibangunnya gedung ini, level of security, level of safety dan service akan baik karena semua bisa dikontrol dari sini,” ujar mantan Presdir Angkasa Pura II ini.

Menhub mengungkapkan, pemerintah berpesan kepada Lion Air Group agar memajukan dunia aviasi untuk mendorong pertumbuhan wisatawan ke Indonesia.

“Kalau dunia aviasi kita bagus, maka turis juga tertarik untuk ke daerah-daerah. Dan secara khusus Lion berhasil melakukan upaya-upaya (pembukaan rute baru) Manado dan ke China,” imbuhnya.

Sementara itu, President Director Lion Air Group Edward Sirait, mengatakan gedung LOC akan difungsikan 24 jam dalam sehari.

“Antara lain berfungsi mempersiapkan pesawat yang akan diterbangkan maupun pesawat yang diterbangkan. Juga mempersiapkan awak pesawat yang akan terbang, dimana di tempat ini juga kita mempersiapkan apakah yang bersangkutan sakit, mengkonsumsi obat atau ada hal-hal yang negatif,” kata Edward.

Edward mengatakan, gedung LOC tersebut juga dilengkapi dengan sarana-sarana penunjang untuk meningkatkan kualitas.

“Management dibawah Lion Air Group selalu ditekankan untuk meningkatkan kualitas. Kami memahami kualitas di dunia penerbangan, bahwa tidak ada toleransi terhadap keselamatan penerbangan,” ujarnya.

Dengan beroperasinya gedung LOC itu disebut dapat semakin membantu mempermudah segala bentuk kordinasi dan operasi manajemen penerbangan yang dapat meningkatkan pelayanan Lion Air Group terhadap pelanggan. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here