Home Berita Sumur Kermat di Kemiri Petilasan Raden Raksa Pati Kelana

Sumur Kermat di Kemiri Petilasan Raden Raksa Pati Kelana

0

Sumur Saur Panca Wilakatilas di Desa Karang Anyar, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang merupakan sumur keramat peninggalan Raden Raksa Pati Kelana dari keturunan Sultan Banten.

Sumur Saur Panca ini dikunjungi oleh para pendatang dari berbagai daerah, di antaranya ingin mendapatkan wasilah untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak ada suatu persyaratan khusus dan patokan harga untuk masuk dan mandi di sumur keramat ini. Pendatang hanya diminta membayar uang seikhlasnya di kotak amal yang sudah disediakan oleh Yanto (50) yang merupakan penunggu sumur kramat ini.

Yanto menceritakan kepada tangerangonline.id, sumur berdiameter tak begitu besar ini tak jelas asal usulnya. Sumur ini pada sepuluh tahun lalu hanya dataran tanah saja, namun tanpa ia sadari tanah datar tersebut menjadi sumur.

“Sumur ini kira-kira baru berumur 10 tahunan, karena terciptanya sumur ini saja tidak ada yang tahu termasuk saya sendiri,” tuturnya, Minggu (10/12/2017).

Pria paruh baya ini memilih untuk menjaga sumur keramat dengan niatan tulus untuk menjaga kelestarian dari keberadaan sumur.

Setiap pendatang ingin mandi di sumur, sebelumnya akan dibacakan ayat-ayat suci Alquran oleh dirinya, lulu pendatang bisa mandi dengan sebuah gayung untuk mengambil air sumur yang dibasahi ke tubuh para pendatang.

“Tidak ada syarat khusus dan patokan harganya, jadi jika pendatang ada yang ingin memberikan sedikit rezekinya tinggal masukan saja duitnya ke dalam kotak amal,” terangnya.

Ia meyakini tempat ini merupakan tempat Tapak Tilas (Semedi) Raden Raksa Pati Kelana.

“Namun pada hakekatnya sumur keramat ini hanya wasilah, hakekatnya Allah SWT yang menyembuhkan dan mengabulkan segala urusan manusia di dunia ini,” tutupnya. (Sam/Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here