Home Berita Stand Damkar di HUT ke-10 Tangsel Disambut Antusias Warga

Stand Damkar di HUT ke-10 Tangsel Disambut Antusias Warga

0

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Damkar Tangsel) membuka stand pelayanan pada peringatan HUT ke-10 Kota Tangsel di Lapangan Sunburt, Serpong. Keberadaan stand pelayanan tersebut disambut positif masyarakat Tangsel.

Antusiasme warga lebih khusus yang masih awam dalam pencegahan dan cara memadamkan api, ditunjukkan dengan mendatangi stand untuk menanyakan pelayanan yang diberikan dinas itu.

“Dalam hal ini kita memberikan pengetahuan peran dan fungsi damkar sendiri dan mengenalkan alat-alat damkar dan mengajarkan cara pencegahan dan langkah-langkah dalam memedamkan api yang baik, tepat dan benar, tentunya tidak membahayakan diri sendiri,” jelas Darusalam selaku Dandru Rescue Damkar Kota Tangsel saat diwawancarai Tangerangonline.id.

Darusalam mengungkapkan, berdasarkan daftar absen yang disediakan pada hari ini saja, sudah ada sebanyak 79 orang datang ke stand dan bertanya tentang seluk beluk serta tugas Damkar.

“Adapun peralatan dan sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang kita bawa (di stand ini) di antaranya, ada tabung apar, jaket, baju safety tahan panas, fire hydrant system, fire alarm system, fire trap panel system, bonpet, kitchen protection syetem, FM200 fire Suppression System,” jelasnya.

Sedangkan untuk melayani masyarakat yang bertanya, pihaknya mengerahkan 8 anggota Damkar yang sudah stanby. Mereka menjelasakan jika ada masyarakat yang bertanya fungsi dan cara menggunakan beberapa alat perlengakapan Damkar.

Musni, salah seorang warga Tangsel yang mengunjungi stand Damkar tampak antusias bertanya ke stand. Ia menilai kegiatan tersebut sangat bagus sekali untuk masyarakat.

“Bagus, karena sebetulnya masyarakat itu tidak begitu mengetahui Damkar itu seperti apa kiprahnya terhadap kerjanya,” tutur Musni.

“Karena kalau seperti ini kan masyarakat bisa bertanya cara atau langka langka dalam menjinakan api, lalu cara pencegahan dan menggunakan alat, disini juga masyarakat bisa meminta untuk adakan simulasi dan bertanya dalam kebakaran itu diisebabkan oleh apa dan mengatasinya seperti apa,” tukasnya.(Ban)