Home Bandara Jumlah Minuman Beralkohol yang Diperbolehkan Dibawa dari Luar Negeri Melalui Bandara Soetta

Jumlah Minuman Beralkohol yang Diperbolehkan Dibawa dari Luar Negeri Melalui Bandara Soetta

0

Ketika bepergian ke luar negeri, tidak sedikit masyarakat Indonesia kembali ke tanah air membawa minuman beralkohol sebagai buah tangan. Namun, mereka membawa lebih dari jumlah yang diizinkan.

Boleh jadi mereka belum mengetahui regulasi yang mengatur tentang minuman beralkohol yang dibawa dari luar negeri.

Karena ketidaktahuan mereka, tidak sedikit oleh-oleh yang mereka bawa terpaksa disita dan dimusnahkan oleh petugas Bea Cukai saat tiba di Bandara.

Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Layanan Informasi Kantor Pelayanan Utama Tipe C Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Dadan Farid mengatakan, pihaknya masih mendapati sejumlah penumpang yang kembali dari luar negeri membawa minuman beralkohol melebihi jumlah yang diperbolehkan.

“Masih ada saja, hingga saat ini kami masih menemukan beberapa penumpang yang membawa minuman beralkohol lebih dari 1 liter,” kata Dadan kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (1/4/2019).

Dadan menjelaskan, ketika ada penumpang kedapan membawa minuman beralkohol melebihi 1 liter maka langsung dimusnahkan didepan pemiliknya.

“Setiap penumpang dari luar negeri diperbolehkan membawa maksimal 1 liter minuman beralkohol. Apabila lebih, sekalipun mereka mau membayar bea cukainya tetap tidak bisa dan sisanya harus dimusnahkan,” tegas Dadan.

Hal itu lanjut Dadan, telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan ekspor dan impor barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut.

“Atas barang kena cukai yang jumlahnya melebihi batas pembebasan akan dilakukan pemusnahan,” terang Dadan.

Lebih jauh Dadan menjelaskan, apabila ditemukan penumpang membawa minuman beralkohol dalam jumlah kecil atau 2 hingga 5 liter maka 4 liter diantaranya langsung dimusnahkan diterminal kedatangan Internasional.

“Ketika ada penumpang kedapatan membawa minuman beralkohol puluhan hingga ratusan liter maka dilakukan pemusnahan di luar gedung terminal bandara,” jelas Dadan.

Dirinya pun mengimbau masyarakat yang akan kembali ke tanah air supaya tidak membawa minuman beralkohol lebih dari 1 liter. (Rmt)