Home Berita Lapak Limbah Plastik di Sindang Jaya Ludes Terbakar

Lapak Limbah Plastik di Sindang Jaya Ludes Terbakar

0

Akibat korsleting listrik, lapak limbah karet philon seluas 2.000 meter di Kampung Putat, Desa Sindang Panon, Kecamatan Sindang Jaya, ludes dilalab si jago merah, Jumat (19/7/2019). Lapak limbah milik Jaswan yang terbakar sejak pukul 15.30 WIB ini, hingga pukul 20.30 WIB api belum bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Komandan Pos 06 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Pasar Kemis, Wandiyana mengatakan, kebakaran ini disebabkan korsleting listrik yang mengeluarkan percikan api, hingga membakar semua limbah karet philon yang ada di lapak tersebut.

“Menurut laporan dari salah satu pihak keluarga pemilik, katanya ketika seorang pegawainya sedang merapihkan limbah yang akan diangkut, tiba-tiba saja ada korslet listrik dan membakar limbah. Akhirnya terjadi kebakaran besar,” ucap Wany kepada awak media, Jumat (19/7).

Sementara itu, Komandan Regu B Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Sugita mengatakan, peristiwa terbakarnya lapak itu tidak menelan korban jiwa ataupun korban luka-luka. Namun personil pemadam kebakaran cukup kewalahan untuk memadamkan api yang sangat besar.

“Kami datang kesini sekitar pukul 16.00 WIB, setelah mendapat kabar dari Pos 06 (Pasar Kemis). Alhamdulillah korban tidak ada ataupun nihil, yang terbakar ini tumpukan limbah semacam busa atau karet Philon, namun apinya cukup besar juga,” ucapnya.

Menurutnya, agar api yang besar itu bisa dipadamkan, penambahan armada terus dikerahkan. Namun, banyaknya warga sekitar yang menonton aksi pemadaman api di sekitar lokasi kejadian, membuat para personil sedikit terganggu karena dikhawatirkan bisa melukai warga.

“Awalnya, 2 unit mobil pemadam dengan 10 personil dari Curug, 1 unit dari Pasar Kemis dengan 4 personil, 1 unit dari sepatan dengan 4 personil, namun karena api sulit dipadamkan, kami meminta bantuan dari Pos Tigaraksa dan Curug untuk membantu. Jadi total ada 6 unit mobil pemadam dan 3 mobil pompa yang diturunkan, dengan 26 personil untuk memadamkan api yang membakar gudang seluas 2.000 meter. Sampai pukul 20.30 WIB, api masih cukup besar serta belum bisa dipadamkan,” pungkasnya.(Sam)