Beranda Berita BKPSDM Kota Tangerang Tingkatkan Kualitas Data Informasi Guru dan PNS Melalui SIMASN

BKPSDM Kota Tangerang Tingkatkan Kualitas Data Informasi Guru dan PNS Melalui SIMASN

0
Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN) di Lab. Komputer BKPSDM Kota Tangerang.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN).

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mensosialisasikan SIMASN serta peremajaan dokumen elektronik untuk meningkatkan kualitas data dan informasi.

Sosialisasi peremajaan dokumen elektronik kali ini dilakukan kepada pegawai dan guru PNS dilingkungan SMP dan SD.

Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Tangerang Drs Sachrudin turut serta membuka kegiatan secara virtual melalui Zoom.

Kepala BPKSDM Kota Tangerang Drs Heryanto MAP menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas data dan informasi.

“Tentu penting untuk yang belum lengkap dan masih berupa hasil scan dari fotocopy dokumen agar dapat dilengkapi dan diganti dengan hasil scan dokumen asli,” kata Heryanto pada Kamis (26/11/2020).

Wakil Walikota Tangerang Drs Sachrudin membuka sosialisasi SIMASN secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Menurut Heryanto, kegiatan sosialisasi ini telah dilaksanakan. Ia menyebut kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2020 untuk sesi 1 (peserta dari lingkup Operator SMP) dan tanggal 19-20 November 2020 untuk sesi 2 (peserta dari lingkup Operator dan Kordinator Wilayah SD).

“Kita fasilitasi. Masing-masing sesi sebanyak 50 peserta bertempat di Lab Komputer BKPSDM Gedung Cisadane Lantai IV,” ucapnya.

Heryanto bilang bahwa ketentuan Dokumen Elektronik ini telah dituangkan sebagaimana diatur dalam undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah yang digunakan dalam pengiriman atau penerimaan informasi elektronik.

“BKPSDM selaku pengelola kepegawaian sebagaimana Kota Tangerang yang meliputi data dan dokumen digital/elektronik pada aplikasi SIMASN, perlu melaksanakan kegiatan sosialisasi dan peremajaan dokumen elektronik,” ujarnya.

Adapun Metode Sosialisasi SIMASN dan Peremajaan Dokumen Elektronik Pegawai dilakukan dengan mengunggah dokumen elektronik ke dalam aplikasi SIMASN.

‌”Ini dilakukan secara serentak oleh Pengelola Kepegawaian di Lingkungan Sekolah Dasar Pemerintah Kota Tangerang,” tutur Heryanto. (ADV)