Home Bandara Penumpang dari Luar Negeri Harus Siap Menghabiskan Waktu Hingga 3 Jam di...

Penumpang dari Luar Negeri Harus Siap Menghabiskan Waktu Hingga 3 Jam di Bandara Soetta

0

Waktu tunggu di Bandara bagi penumpang pesawat asal luar negeri atau rute internasional bertambah dari biasanya setelah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Penambahan waktu tersebut karena adanya tes COVID-19 terhadap penumpang dari luar negeri yang dilakukan di Area Kedatangan Internasional sesaat setelah mereka mendarat.

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soetta, M Holik Muwardi menuturkan, untuk menunggu hasil tes COVID-19 ini, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 150 menit.

“Memang ada penambahan waktu menunggu di bandara, kemarin kita melakukan pengukuran saat kondisi low, kurang lebih 2 jam 30 menit,” kata Holik saat dijumpai di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (20/9/2021).

Ia mengatakan, penambahan waktu tunggu di Bandara bagi penumpang asal luar negeri karena harus menunggu hasil PCR.

“Saat mereka selesai dites Covid-19, mereka selanjutnya mengikuti alur kedatangan seperti biasa. Seperti urus keimigrasian, bagasi, dan menunggu sebentar sampai hasilnya (PCR) keluar. Total itu 2 jam 30 menit sebelum mereka dapat meninggalkan bandara untuk menuju tempat karantina”ujar Holik.

Pihaknya pun meminta maaf kepada penumpang internasional yang baru tiba dari luar negeri harus menunggu lebih lama saat tiba di Bandara Soetta.

“Kepada penumpang dimohon untuk lebih bersabar. Kami memohon maaf bila mengganggu kenyamanannya,” ujar Holik.

PT Angkasa Pura II dan stakeholder terkait terus melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan dalam penerapan aturan baru tersebut. Salah satu upaya untuk memangkas waktu tunggu dan mencegah kerumunan akan dilakukan penambahan 10 bilik tes Covid-19.

“Kemarin diawal itu sudah ada 10 bilik, ini mau ditambah 10 bilik lagi. Pokoknya kami terus evaluasi ada kekurangan, langsung kami perbaiki,” tandas Holik.

Seperti diketahui, mulai tanggal 19 September 2021 pukul 00.01 WIB, seluruh penumpang asal luar negeri wajib menjalani tes COVID-19 dengan metode PCR di Bandara Soetta sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat karantina.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 74 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19. (Rmt)