Home Berita Petani Muda Lulusan SMK Asal Lebak Sukses Kembangkan Pertanian Sayuran

Petani Muda Lulusan SMK Asal Lebak Sukses Kembangkan Pertanian Sayuran

0

Seorang pemuda yang bernama Aznan dilingkungan Desa Bojong Leles di Kabupaten Lebak Banten sukses memberdayakan tanaman sayur mayur yaitu tanaman oyong, Senin (12/12/2021).

Aznan menanam sayuran seperti oyong, tanaman oyong tersebut ditanam seluas tanah 2 hektar lahan miliknya

Nantinya setelah hasil panen akan dijual di impor ke Pasar Lebak dan luar daerah seperti Bekasi, Tangerang, Jakarta, Serang, dan Bogor, menggunakan mobil Pickup.

Aznan mengatakan, ia terjun kedunia pertanian sejak lulus sekolah di Smk 2 Rangkasbitung bidang jurusan pertanian, karena keluarga juga dari petani, dari situlah ia meneruskan untuk terjun sebagai petani sayuran.

Dari menanam sayuran oyong tersebut Aznan bersama teman-temannya mengolah sayuran oyong tersebut dan dijual di distribusikan ke Pasar lokal di Rangkasbitung dan luar kota.

“Panen sayuran oyong ini sekitar 2 bulan sudah bisa di panen, untuk omset kita bisa mencapai Rp 10 jt hingga Rp 15 jt perbulannya,” tuturnya.

“Kesulitan dalam merawat sayuran dari pupuk dan juga faktor cuaca itu bisa jadi hambatan nya dan penghalang jika gagal panen,” katanya.

Aznan berharap, untuk kepada petani muda yang ingin memulai agar tetap semangat jangan pantang menyerah, terus mencobanya jika gagal,” harapnya. (Dan)