Home Bandara Salah Satu Lounge Terbesar di Dunia, New Saphire Plaza Premium Hadir di...

Salah Satu Lounge Terbesar di Dunia, New Saphire Plaza Premium Hadir di Terminal 3 Bandara Soetta

0
foto: New Saphire Premium Plaza Lounge Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menghadirkan ruang tunggu premium bernama New Saphire Plaza Premium Lounge di Gate 7 Terminal 3 Keberangkatan Internasional. Ruang tunggu premium berkapasitas lebih dari 3000 penumpang (pax) ini menjadi salah satu lounge terbesar di dunia.

Lounge megah ini merupakan kolaborasi kedua PT Angkasa Pura Solusi dengan PT Global Buana Premium selaku partner dari Plaza Premium Group yang berpengalaman mengelola lebih dari 250 executive lounge di 70 bandara internasional yang tersebar di lebih dari 30 negara.

Peresmian New Saphire Plaza Premium Lounge Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

President Director PT Angkasa Pura Solusi, Dorma Manalu mengatakan, setelah tertunda kurang lebih 2 tahun akibat pandemi Covid-19, New Saphire Plaza Premium Lounge dapat dioperasikan sebagai salah satu bentuk upaya meningkatkan customer experience bagi para pengguna jasa Bandara Soetta.

“Sebagai bandara internasional, Bandara Soekarno-Hatta merupakan pintu gerbang utama Indonesia. Hadirnya New Saphire Plaza Premium Lounge diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang menjawab kebutuhan publik,” kata Dorma di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu, 23 November 2022.

“Upaya menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai etalase kebudayaan Indonesia, diwujudkan melalui pilihan menu F&B serta desain interior lounge, di mana pada salah satu area mengadopsi desain rumah adat, yakni Rumah Gadang,” sambungnya.New Saphire Plaza Premium Lounge Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

Director of Consumer Business PT Angkasa Pura Solusi Yundriati Erdani menjelaskan, pengoperasian New Saphire Plaza Premium Lounge dilakukan untuk memenuhi permintaan pengguna jasa bandara yang semakin tinggi setiap harinya. Di mana, lounge yang ada (existing) yaitu Saphire Plaza Premium Lounge sudah tidak mencukupi.

“Biasanya kita meng-handle sampai hari ini, di lounge existing di Gate 5 itu per hari kita handle sekitar 800 pax per hari. Di hari-hari tertentu itu 1000 pax per hari. Jadi memang untuk area yang lama hampir sudah tidak bisa meng-cover atau tidak mencukupi sehingga kita move ke New Saphire Plaza Premium Lounge ini,” jelas Yundri.

New Saphire Plaza Premium Lounge lanjut Yundri, terdiri dari beberapa ruangan, di antaranya Saphire Plaza Premium First untuk penumpang First Class airlines, Saphire Plaza Premium Lounge untuk airlines dan corporate, dan Singapore Airline Dedicated Lounge.

“Kapasistasnya kurang lebih dapat mengcover 750 seat capacity. Seatnya 750, kalau kapasitasnya 1 seat kan bisa digunakan beberapa kali. Tergantung ritase penerbangan, sehingga hitungan kita 1 seat digunakan 4 sampai 5 kali sehari jadi kalau dikalikan 750 itu sekitar kurang lebih 3000 pax per hari,” terangnya.

Adapun layanan yang ditawarkan di New Saphire Plaza Premium Lounge ini antara lain, spa & massage, kid room, shower room, dan smoking room.

“Selain itu, dalam upaya mendukung bandara sebagai etalase kebudayaan Indonesia. New Saphire Plaza Premium Lounge ini juga menghadirkan F&B yang mengombinasikan hidangan internasional dan makanan khas lokal,” tutur Yundri.

Hadirnya New Saphire Plaza Premium menambah portofolio pengelolaan lounge oleh PT Angkasa Pura Solusi. Saat ini perusahaan mengelola 12 executive lounge yang tersebar di 6 bandara Indonesia. (Rmt)