Home Berita Cegah Wabah PMK, DKP Kota Tangerang Cek Kesehatan Ternak

Cegah Wabah PMK, DKP Kota Tangerang Cek Kesehatan Ternak

0
Dkp kota tangerang
Foto : DKP Kota Tangerang saat memberikan vaksin untuk hewan ternak

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak secara masif.

Pemeriksaan untuk untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulit dan Kuku (PMK) yang kerap menyerang hewan ternak.

Salah satu langkah yang diambil adalah melaksanakan vaksinasi dan pemberian vitamin gratis dari satu peternakan ke peternakan lainnya.

Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, menyatakan pihaknya terus meningkatkan distribusi program vaksinasi PMK dan vaksinasi. Pada Kamis (18/4/24), tim DKP melakukan pemberian vitamin dan vaksinasi terhadap 41 ekor sapi di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh.

“Pada tahun 2024 ini, DKP Kota Tangerang menargetkan vaksinasi PMK dan vaksinasi gratis untuk 2.000 ekor sapi. Proses ini dilakukan berdasarkan permohonan dari para peternak dan diakomodir dengan mengirimkan tim medis hewan secara gratis,” jelas Muhdorun.

Menurutnya, pemberian vaksinasi PMK dan vitamin sangat penting untuk terus ditingkatkan, karena merupakan langkah efektif dalam mengendalikan penyebaran PMK di Kota Tangerang.

Muhdorun juga mengimbau para peternak di 13 kecamatan untuk memanfaatkan layanan vaksinasi PMK dan pemberian vitamin gratis dengan baik.

“Para peternak hanya perlu mengajukan permohonan ke UPTD Puskeswan Kota Tangerang melalui nomor 0813-9434-3260. Ayo manfaatkan layanan ini secara gratis agar sapi-sapi di Kota Tangerang tetap sehat dan bugar,” tambahnya. (Edt)