Beranda Berita Pemkot Tangsel Perluas Wifi Gratis ke 58 PKBM

Pemkot Tangsel Perluas Wifi Gratis ke 58 PKBM

0
Wifi gratis tangsel
Foto: (kanan) Kepala Diskominfo Tangsel TB Asep saat membuka kegiatan fasilitasi internet publik untuk PKBM Kota Tangsel, di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, pada Selasa (09/07/2024).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus meningkatkan pemasangan wifi gratis di berbagai titik.

Salah satunya, pemasangan internet gratis ke 58 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Tb. Asep Nurdin mengatakan, mekanisme pemasangan internet gratis di PKBM merupakan usulan langsung.

“Pertama sebetulnya hampir sama dengan teman-teman yang mengusulkan free internet ke kita. Jadi teman-teman PKBM mengusulkan dengan menuliskan nama dan alamat harus detail dan lengkap. Sifatnya pengajuan dulu, kalau kita langsung pasang tapi ternyata tidak dibutuhkan,” ucapnya di Aula Blandongan, Puspemkot Tangsel, pada Selasa (09/07/2024).

ia mengatakan free internet tersebut memiliki kecepatan sebesar 20/ Mbps, dan tahun 2025 akan ditingkatkan menjadi 50/Mbps. Sehingga diharapkan fasilitasi ini mampu memudahkan PKBM dalam kegiatan sehari-harinya.

“Jadi ini harapannya supaya PKBM terus meningkat akses digital yang sangat mudah dan kita berikan fasilitasi, sehingga PKBMnya jadi naik kelas. 

Asep juga menjamin soal keamanan kepada pengguna ketika menggunakan internet gratis. Apalagi teknis penggunaan tidak diminta memasukan nama apalagi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Tidak ada data pribadi kayak alamat atau NIK nya dan sebagainya, pasti ikhtiarnya ya aman,” ujarnya.

Lebih lanjut, tak hanya PKBM yang mendapat internet gratis. Diskominfo telah memasang 1.063 titik gratis internet di berbagai ruang publik. Mulai dari Taman Bermain, Taman Baca, Taman Kota, Sarana Ibadah, Balai Warga, Sarana Olahraga, Posyandu dan tempat berkumpul lainnya.

“Untuk tahun depan (2025) kita menargetkan 2.500 titik akan terpasang internet gratis,” tutupnya. (Edt)