Home Berita Basarnas Markas Bandara Siaga Satu

Basarnas Markas Bandara Siaga Satu

0

Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia mengakibatkan beberapa daerah terendam banjir. Hal itu membuat Badan SAR Nasional (Basarnas) bersiaga.

Basarnas Jakarta yang bermarkas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mempersiapkan personel dan sarana prasarana dalam menghadapi berbagai ancaman bencana di wilayahnya.

Salah satunya dari ancaman bencana banjir di sekitar dan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Kepala Basarnas Jakarta Sutrisno mengatakan, pihaknya siap dalam melakukan tindakan awal bilamana terjadi bencana banjir di wilayah tugasnya, yakni Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta dan sebagian wilayah Jawa Barat (Bogor sampai dengan Sukabumi).

“Kami selalu siap siaga 24 jam bilamana terjadi bencana seperti banjir atau kecelakaan pesawat di sekitar sini (Bandara Soetta) atau bencana lain, Basarnas akan selalu siap siaga dan cepat merespon,” katanya kepada tangerangonline.id di Gedung 628 Bandara Soetta, Tangerang, Senin (15/2). 

Untuk menghadapi ancaman bencana banjir dan bencana lainnya, Basarnas telah menyiagakan peralatan berupa perahu karet dengan mesin tempel, mobil amphibi, sampan, mesin pemotong kayu, pelampung, tabung oksigen dan juga perahu dan ratusan personel.

“Di Soekarno-Hatta ini kami memiliki 100 (seratus) personil yang disiagakan,” bebernya. 

Dikatakannya, pihaknya juga memiliki personil ‘Basarnas Special Group’ yang lebih terlatih dan mempunyai kemampuan khusus sebanyak 55 personil. 

“Disamping itu masih banyak juga personil-personil yang tidak kami siagakan, tetapi bila terjadi bencana atau kecelakaan akan dilibatkan dalam operasi SAR sebanyak 300 personil,” bebernya.

Sutrisno mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II, Polresta Bandara Soetta, Jasa Marga dan juga Airnav untuk penanganan bencana.

“Secara formal, kami sudah melakukan MoU dengan Airnav. Tetapi kepada semuanya yang ada di Republik ini, Basarnas siap untuk melaksanakan bantuannya,” tandasnya.(Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here