Terminal 3 New Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sudah beroperasi selama lima hari. Selaku pengelola, PT Angkasa Pura II (AP II ) terus berkomitmen memperbaiki pelayanan kepada penumpang pesawat udara di Terminal yang mulai dioperasikan pada 9 Agustus 2016 lalu. Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas Direktur Utama AP II Djoko Murjatmodjo.
“Hari ini adalah hari kelima beroperasi nya Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ini. Selama 5 hari, setiap hari kita lakukan evaluasi, kita lakukan beberapa penyempurnaan dan tampaknya sudah mulai menunjukkan hasil yang cukup bagus,” kata Djoko saat gelar jumpa pers di Terminal 3 New Bandara Soetta, Minggu (14/8/2016).Menurutnya, selain kelancaran pelayanan penumpang, tingkat ketepatan penerbangan atau On Time Performance (OTP) maskapai penerbangan juga sudah menunjukkan peningkatan.
“OTP Garuda Indonesia juga meningkat, kemudian juga kelancaran pelayanan penumpang juga sudah mulai meningkat,” ujarnya.
Lebih lanjut Djoko menjelaskan, terkait dalam upaya peningkatan pelayanan, pihaknya mengambil beberapa langkah strategis untuk pelayanan penumpang di Terminal 3 New Bandara Soetta.
“Yang pertama adalah area parkir pesawat atau Apron T3 yang beberapa hari yang lalu masih ada pesawat non Garuda disini, sekarang sudah kita khususkan Garuda, sehingga tidak ada lagi Garuda yang berada di luar Apron Terminal 3 untuk meningkatkan kecepatan pelayanannya kepada para penumpang,” katanya.
“Kemudian kita sudah menyelesaikan Gate tambahan, sejak kemarin Gate 16 dan Gate 17 sudah kita fungsikan lagi dan sudah beroperasi dengan normal sehingga jumlah contact stand yang bisa dipakai bertambah,” sambung Djoko.
VP Communication Garuda Indonesia, Benny Butarbutar mengatakan, beroperasi di Terminal 3 New, tingkat ketepatan penerbangan mendekati 90 persen.
“Saat ini jauh lebih baik, OTP-nya atau tingkat ketepatan waktu penerbangannya hampir mendekati 90 persen, dan kita berharap minggu depan sudah kembali normal,” katanya.
Sampai dengan pukul 14.00 WIB hari ini, pihaknya mencatat tingkat ketepatan penerbangan 89,5 persen.
“Jadi ini lebih baik ketimbang di awal-awal yang dibawah 60 persen kemudian meningkat sampai 70 persen dan memasuki weekend yang memang kita waspadai. Kita berterima kasih sekali, karena 7 Boarding Gate yang dioperasikan betul-betul sangat membantu kelancaran dan peningkatan OTP Garuda Indonesia,” pungkasnya. (Rmt)